oleh

Berbasis Sistem Informasi, Program LLTT Dibagi Dua Layanan

Kabar6-Dalam rangka mewujudkan komitmen layanan sanitasi menyeluruh dan berkelanjutan menuju sanitasi aman, Dinas perumahan, permukiman dan pemakaman Kabupaten Tangerang mewujudkan Program Pelaksanaan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT).

Dinas perumahan, permukiman dan pemakaman Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah menjelaskan, pihaknya telah memiliki regulasi Peraturan Bupati nomor 80 tahun 2017 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik Dan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum yang mencakup pelayanan sedot tinja tersebut.

“Dengan didampingi USAID IUWASH PLUS, maka langkah inisiasi program inovasi Layanan Lumpur Tinja berbasis sistem informasi manajemen dengan menggunakan aplikasi android ini dapat diakses.

Iwan menjelaskan bahwa program inovasi lumpur tinja itu dibagi dalam dua layanan, yakni layanan lumpur tinja terjadwal yakni dilakukan secara berkala bagi pelanggan dan layanan lumpur tinja tida terjadwal, yakni dilakukan atas permintaan masyarakat (on call basis).

Penerapan sistem informasi manajemen ini membantu operator dalam mengelola data pelanggan, mengelola permintaan dan pelaksanaan layanan sedot, monitoring evaluasi, dan juga mengelola administrasi dan keuangan.

“Saya harap kepada seluruh OPD dan masyarakat untuk sama-sama bersinergi dalam mensukseskan program ini agar nantinya melalui program ini dapat membuahkan hasil optimal dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Tangerang dan mendukung terwujudnya cita-cita dan visi Kabupaten Tangerang,” kata Iwan.

**Baca juga: Bupati Tangerang Resmikan LLTT di Sepatan.

Camat sepatan Timur, Mulyadi menambahkan, untuk mencapai hasil maksimal dari program ini kita harus dilandasi pula oleh komitmen yang kuat untuk bersama-sama mendukung program ini dari semua pihak dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Mudah mudahan kegiatan seperti ini terus berkelanjutan dan menyeluruh ke setiap daerah di Kabupaten Tangerang yang nantinya dapat di rasakan langsung oleh masyarakat” ujar Mulyadi.(fit/hms)

Berita Terbaru