oleh

Bupati Lebak dan Forkopimda Kompak Bikin Smart SIM

Kabar6-Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membuat Smart SIM, di Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Lebak, Jalan RT Hardiwinangun, Rangkasbitung, Kamis (10/10/2019).

Seperti halnya pemohon SIM pada umumnya, orang nomor satu di Lebak tersebut harus melalui berbagai tahapan untuk memperpanjang SIM A dan C yang telah habis masa berlakunya.

“Ini perkembangan yang baik, apalagi kita sedang menghadapi industri 4.0 kecepatan dalam pelayanan, salah satunya Smart SIM ini,” kata Iti.

Menurut Iti, Smart SIM merupakan sebuah terobosan yang harus diapresiasi.

“Mudah ya (pelayanannya), biaya murah, data kita aman juga di sini (Smart SIM). Misalnya ketika kita mengalami kecelakaan, data kita di sini serta langsung bisa terdetect untuk asuransi Jasa Raharjanya. Kemudian, menyimpan juga kontak-kontak orang terdekat,” beber Iti.

Sementara itu, Kapolres Lebak AKBP Firman Andreanto mengimbau kepada masyarakat yang belum memiliki SIM untuk segera membuat. “Ya, saya imbau masyarakat segera membuat ya, sebagai aturan berkendara,” katanya.

Smart SIM merupakan sistem integrasi data secara elektronik dari kegiatan registrasi dan identifikasi penerbitan SIM yang tersimpan dalam chip pada kartu SIM meliputi data forensik kepolisian data perilaku pengemudi serta uang elektronik.

Secara Nasional, Smart SIM dilaunching pada 22 September 2019. Sementara di Lebak, dimulai pada 23 September.**Baca juga: Wiranto Ditusuk di Pandeglang, Hanura Lebak: Mungkin Ada yang Tidak Puas.

Tercatat hingga saat ini tak kurang sudah sekitar seribu Smart SIM yang telah diterbitkan Polres Lebak. Jumlah pemohon Smart SIM pun tercatat mengalami peningkatan.

Smart SIM memiliki beberapa keunggulan salah satunya menyimpan uang elektronik yang dapat dipergunakan layaknya e-money untuk melakukan pembayaran tol salah satunya.

“Saldo maksimalnya Rp2 juta. pengisian uang elektronik Smart SIM bisa dilaksanakan di tiga bank BUMN yakni Mandiri, BNI dan BRI,” tutur Baur SIM Polres Lebak Aiptu Asep.(Nda)

Berita Terbaru