Berapa Banyak Jumlah Karbohidrat yang Dibutuhkan Sehari-hari?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Karbohidrat dicerna menjadi gula yang diubah menjadi sumber energi penting bagi tubuh. Ada dua jenis utama karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang diproses, lebih lambat dicerna oleh tubuh, dan tinggi serat. Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang lebih cepat dicerna.

Sebenarnya, berapa jumlah karbohidrat yang dibutuhkan sehari-hari? Melansir Okezone, semua itu tergantung usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kebutuhan karbohidrat setiap orang akan bervariasi. Sekira 45-65 persen kalori harian Anda harus berasal dari karbohidrat. Hal ini sama dengan sekira 225-325 gram karbohidrat jika Anda mengonsumsi 2.000 kalori per hari.

Jika Anda ingin mengetahui jumlah pasti karbohidrat yang Anda butuhkan, mulailah dengan menentukan kebutuhan kalori harian Anda dan bagi angka itu menjadi dua. Itulah jumlah berapa banyak kalori yang harus berasal dari karbohidrat. Setiap karbohidrat memiliki empat kalori. Bagilah angka yang Anda dapatkan di langkah awal dengan empat. Jumlah terakhir sama dengan jumlah karbohidrat dalam gram yang Anda butuhkan setiap harinya.

Mengonsumsi jenis karbohidrat yang tepat dalam jumlah yang benar mungkin lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Namun ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tepat.

Hindari minuman manis, seperti soda, dan minuman rasa lainnya. Makan roti gandum utuh, pasta, dan sereal daripada memakan gandum olahan. Beras merah, gandum utuh dan oatmeal adalah pilihan yang terbaik.

Jika Anda mencoba untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi demi menurunkan berat badan, hal ini adalah tindakan yang salah. Jadi apabila Anda tiba-tiba membatasi jumlah karbohidrat yang dimakan, mungkin akan mengalami gejala seperti pusing, kelelahan, lemas, sakit kepala, dan sembelit. ** Baca juga: Makanan & Minuman yang Bisa Tingkatkan Gula Darah

Jika ingin melakukan diet dan menurunkan berat badan, sebaiknya ikuti diet yang berfokus pada makanan sehat secara keseluruhan, bukan hanya mengurangi karbohidrat yang Anda konsumsi. Diet dengan mengurangi karbohidrat memang akan menurunkan berat badan Anda, namun hal ini akan membuat Anda menjadi kekurangan nutrisi.(ilj/bbs)