oleh

Benar dan Salah Tentang Ketombe

IlustrasiKabar6-Ketombe adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Ketombe dapat juga merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut.

 

 

Rambut berketombe selain memalukan juga menjengkelkan. Namun di balik itu, ada beberapa hal menarik tentang ketombe. Berikut ulasannya:

 

1. Ketombe tidak akan hilang meskipun Anda keramas setiap hari. Mencuci rambut hanya dapat mengontrol ketombe karena pijatan pada kepala akan mengganggu habitat alami ketombe.

 

2. Ketombe terjadi karena adanya infeksi jamur superfisial dan akan menyebar dengan berbagi sisir. Namun, ketombe tidak dapat menyebar jika Anda hanya duduk di sebelah orang yang berketombe.

 

3. Meskipun ketombe lebih identik dialami oleh orang yang memiliki kulit kepala kering, namun kondisi ini dapat juga dialami oleh orang yang memiliki kulit kepala berminyak.

 

4. Tidak hanya orang dewasa, usia remaja pun bisa mengalami ketombe. Kelenjar keringat remaja belum sepenuhnya berkembang secara alami untuk menghambat segala macam infeksi jamur di kulit kepala.

 

5. Pemakaian gel atau foam dapat memperburuk kondisi ketombe.

 

6. Menutupi kepala akan memperburuk kondisi ketombe karena keringat pada kulit kepala tidak dapat menguap.

 

7. Suhu dingin memicu ketombe karena orang cenderung mengurangi rutinitas mencuci rambut, sehingga infeksi kulit kepala pun meningkat.

 

8. Hingga kini tidak ada produk kosmetik modern yang benar-benar dapat menghilangkan ketombe dalam sekali langkah.

 

9. Blow dry dapat meningkatkan ketombe.

 

10. Rambut yang tidak dicuci selama beberapa hari dapat menjadi tempat berkembang biak ketombe.(ilj)

**Baca juga: Apa Saja Fakta Menarik Tentang Kentut?

Berita Terbaru