oleh

Begini Harapan Lama Sekolah di Banten Versi BPS

Kabar6-Dimensi pengetahuan pada IPM dibentuk oleh dua lndikator, antaranya harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah.

Keterkaitan antara kedua indikator tersebut adalah, peningkatan angka harapan lama sekolah dalam jangka panjang akan menaikkan angka rata-rata lama sekolah.

Berdasarkan rilis data BPS menyebutkan, anak-anak yang berusia tujuh tahun pada tahun 2018 di Provinsi Banten menyebutkan, bahwa mereka memiliki peluang untuk bersekolah hingga Semester ll di perguruan tinggi, atau setidaknya menamatkan pendidikan hingga lulus SLTA.

Adapun angka harapan lama sekolah pada tahun 2018 mencapai 12,85 tahun.

Kabid Neraca Wilayah, BPS Banten, Budi Prawoto mengatakan, anak-anak yang berusia tujuh tahun pada tahun 2018 di Provinsi Banten memiliki peluang untuk bersekolah hingga Semester ll di perguruan tinggi, atau setidaknya menamatkan pendidikan hingga lulus SLTA.

Sejumlah indikatornya peningkatan angka harapan lama sekolah dalam jangka panjang akan menaikkan angka rata-rata lama sekolah.

Hal itu terungkap saat vidio confrence (vicon) bersama Kepala BPS RI tentang BRS Nasional, di Kantor BPS Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (15/4/2019).

Menurut Budi, anak-anak di Provinsi Banten, pada usia tuhuh tahun pada tahun 2018, memiliki peluang untuk bersekolah hingga Semester ll di perguruan tinggi, atau setidaknya menamatkan pendidikan hingga lulus SLTA.

Meski begitu, kata Budi, selama periode 2010 hingga 2018, amgka harapan lama sekolah telah mengalami peningkatan, sebanyak 1,83 tahun.**Baca Juga: Satpol PP Tangsel: APK Peserta Pemilu Langgar Perjanjian.

Meningkatnya angka harapan lama sekolah tetsebut menjadi sinyal bahwa memang ada perbaikan pada sistem pendidikan di Provinsi Banten. Kondisi yang demikian sekaligus juga menjadi penanda dari semakin banyaknya penduduk yang dapat bersekolah.

“Sayangnya, selama setahun terakhir ini peningkatan jumlah penduduk yang bersekolah, relatif Iebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.(Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru