oleh

Beberapa Fenomena Tidak Biasa Dalam Pikiran kita

IlustrasiKabar6-Alam pikiran manusia adalah sesuatu yang unik dan terus menerus berkembang, sehingga selalu saja ada hal-hal baru untuk dipelajari. Terkadang ada beberapa fenomena pikiran yang dialami manusia, dan di luar pemikiran lazim. Apa saja fenomena itu? Simak uraian berikut:

 

1. Prosopagnosia

Prosopagnosia adalah fenomena di mana seseorang tidak mampu mengenali wajah seseorang atau objek yang seharusnya sudah dikenal. Mereka biasanya mampu menggunakan perasaan lain untuk mengenali orang-orang tersebut seperti dari bau parfum seseorang, bentuk atau gaya rambut, suara, atau bahkan gaya berjalan.

 

2. Fregoli Delusion

Fenomena ini menerangkan di mana seseorang mempercayai bahwa orang-orang yang berbeda itu sesungguhnya adalah satu orang yang sedang menyamar. Hal itu sering dihubungkan dengan paranoid dan kepercayaan bahwa orang yang menyamar itu sedang berusaha untuk menganiaya dirinya.

 

3. Capgras Delusion

Merupakan fenomena di mana seseorang percaya bahwa sahabat karib atau keluarganya sudah berganti identitas seperti seorang penipu. Fenomena ini paling umum terjadi pada pasien sakit jiwa.

 

4. Presque Vu

Merupakan perasaan yang kuat bahwa Anda akan mendapatkan petunjuk atau ilham akan apa yang terlupa, tapi tidak pernah datang. Dengan kata lain seperti ungkapan “kalimat yang serasa sudah di ujung lidah”. Presque vu dapat mengacaukan perasaan dan pikiran, serta seringkali membuat seseorang susah tidur.

 

5. Jamais Vu

Digambarkan sebagai sebuah situasi sudah pernah dikenal tapi tidak bisa mengenali. Sering dianggap sebagai kebalikan dari deja vu. Anda tidak mengenali sebuah situasi meskipun mengetahui bahwa sebelumnya Anda telah berada dalam situasi seperti itu. Jamais vu dianggap juga sebagai sejenis gejala kelelahan otak.

 

6. Deja Visite

Deja Visite merupakan pengalaman yang melibatkan suatu pengetahuan gaib akan suatu tempat yang baru, berhubungan dengan geografis dan ruang. Contohnya jika seseorang sudah mengethui seluk beluk suatu tempat, padahal orang tersebut belum pernah ke sana.

 

7. Deja Vecu

Merupakan pengalaman setelah melihat suatu peristiwa sebelumnya, tapi hanya  dalam detil yang besar, seperti mengenali bau-bauan dan bunyi-bunyian. Hal ini juga biasanya disertai oleh suatu perasaan yang sangat kuat akan pengetahuan sesuatu yang akan datang kemudian. Dan biasanya itu adalah benar.

 

8. Deja vu

Merupakan pengalaman tertentu akan sesuatu yang sedang berlangsung, di mana Anda sudah mengalaminya atau melihat situasi baru itu sebelumnya, dan Anda merasa seolah-olah sedang mengulangi peristiwa tersebut.(ilj)

 

 

 

Berita Terbaru