oleh

Bangun Daya Tahan Tubuh dengan 4 Bahan Makanan Penunjang

Kabar6-Daya tahan tubuh menjadi perhatian khusus selama new normal ini, sehingga Anda tetap sehat dan bugar saat beraktivitas sepanjang hari. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat.

Bagaimana caranya? Asupan nutrisi tepat dapat diperoleh melalui pola makan dengan gizi seimbang, perbanyak asupan protein, dan perilaku hidup bersih sehat sejak dini.

Nah, ada beberapa jenis bahan makanan yang dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Melansir Femina, ini empat bahan makanan penunjang yang dapat membantu daya tahan tubuh:

1. Jahe (zingiberaceae)
Jahe mengandung antioksidan yang dapat tingkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Di samping itu, gingerol atau zat bioaktif dalam jahe segar dapat menurunkan risiko infeksi dan menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri.

Jahe dapat dikonsumsi sebagai bumbu makanan atau diolah menjadi minuman, misalnya wedang jahe. Namun, lengkapi pula dengan asupan makanan bergizi seimbang.

2. Temulawak, kunyit, kencur (curcuma sp)
Bahan pangan yang tergolong ke dalam tanaman empon empon ini mengandung curcumin, bahan aktif yang dapat mengurangi inflamasi, menghambat replika virus, dan meningkatkan imunitas tubuh. Dapat dikonsumsi sebagai bumbu dalam makanan.

3. Susu
Susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung asam amino esensial. Konsumsi protein dalam jumlah yang cukup termasuk susu dapat membantu tingkatkan daya tahan tubuh. Minumlah segelas susu setiap hari.

4. Madu
Madu kaya akan mikronutrien yang diperlukan tubuh yaitu kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng. Selain itu madu kaya akan vitamin seperti B2, B3, B5, B6, B9, dan C. ** Baca juga: Cara Berjalan Bisa Pengaruhi Mood Seseorang?

Enzim glucose oxidase yang terkandung dalam madu berperan untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Madu juga mengandung prebiotik fructo oligosaccharide (FOS) yang merangsang produksi bifidobacterial, yaitu bakteri baik di usus.

Selain keempat hal tadi, Anda pun jangan lupa untuk menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat agar hasilnya lebih optimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru