oleh

Baca ini Sebelum Menyesal Bikin Tato

Kabar6-Saat ini stigma negatif terhadap tato telah bergeser. Masyarakat semakin terbuka dengan seni tato, dan peminat tato pun semakin banyak. Namun, ternyata tidak semua peminat tato berhasil mendapatkan tato sesuai yang diharapkan.

Nah, supaya jangan sampai menyesal, secara khusus kami menghubungi Helmut, seorang tattoo artist yang beraliran realist dan surealist telah berpengalaman lebih dari 12 tahun di dunia seni tato baik di dalam maupun luar negeri. Helmut berbagi tips bagi para peminat tato supaya tidak menjadi penyesalan seumur hidup:

   1.Desain

Langkah pertama saat memutuskan ingin membuat tato adalah desain. Karena bersifat permanen, pikirkan baik-baik desain yang kita inginkan. Lalu komunikasikan dengan artis tato untuk membuat konsepnya bersama. Menurut Helmut, saat ini yang sedang trend baik di kalangan pria maupun wanita adalah desain tato Korea, yaitu tato kecil dengan desain yang sangat sederhana.

  2.Penempatan tato

Pada dasarnya semua permukaan kulit dapat ditato. Yang umum biasanya di lengan, punggung, dan kaki. Untuk mendapatkan hasil tato yang sempurna, Helmut menyarankan untuk menghindari area kulit dengan sedikit pori-pori seperti di area tertentu di tangan.

   3. Artis tato

Banyak orang dapat membuat tato, tapi tidak semuanya dapat membuat tato sesuai hasil yang diharapkan. Pelajari baik-baik portofolio artis tato yang dipilih, dan pastikan karyanya sesuai dengan desain yang dikonsep. Artis tato terbaik adalah yang dapat membuat tato sesuai dengan desain dengan perbandingan 1:1.

  4. Konsekuensi

Setelah menentukan desain, penempatan tato, dan memilih artis tato yang cocok, pikirkan kembali konsekuensi dari keberadaan tato dan desain tato yang dipilih. Walaupun saat ini masyarakat semakin dapat menerima seni tato, stigma negatif dan penolakan masih tetap ada. Pertimbangkan apakah keluarga dapat menerima, lalu apakah diperbolehkan di pekerjaan. Profesi-profesi tertentu melarang adanya tato.

Helmut saat berada disalah satu Kota di Eropa.(Foto/Dok Pribadi)

5. Kebersihan studio

Sebelum jarum tato menyentuh kulit anda, pastikan ruangan yang digunakan dalam keadaan bersih dan nyaman. Serta semua peralatan steril.

Namun, bila terlanjur memiliki tato yang menurut Anda kurang bagus, jangan khawatir. Helmut menyarankan untuk berkonsultasi dengan tattoo artist yang berpengalaman supaya menemukan solusi terbaik mengatasinya.

“Think before you ink, karena tato dapat menjadi pedang bermata dua bila tidak dipikirkan dengan matang,” pesan Helmut. Bagaimana, apakah Anda sudah siap memiliki tato?(Nat)