oleh

Berhasil Lewati Tujuh Kali Pemeriksaan, Bocah 10 Tahun di Irak Naik Pesawat Sendirian

Kabar6-Seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun membuat otoritas penerbangan Irak terpana lantaran berhasil naik ke sebuah pesawat tujuan Iran di Bandara Internasional Najaf.

Bocah yang tak disebutkan namanya itu, melansir rudaw, sukses mengelabui petugas dan melewati beberapa pemeriksaan keamanan. Otoritas setempat mengatakan, mereka akan meninjau kembali sistem keamanan bandara tersebut setelah bocah tadi lolos dari radar pada tujuh tahap pemeriksaan. Bocah itu diduga berbaur dengan kerumunan besar calon penumpang.

Namun, aksi nekat anak itu akhirnya terhenti saat dicegat setelah menaiki pesawat sewaan Iran Air. Sekira lima jam setelah kedatangannya di bandara, awak pesawat menghubungi otoritas tentang keberadaan ‘penumpang ilegal’ itu.

“Siapa pun (pegawai bandara) yang gagal dalam menjalankan tugasnya akan dikenai sanksi, dipecat atau dimutasi setelah penyelidikan kasus ini rampung,” kata Hikmat Ahmed, Manajer Bandara Internasional Najaf.

Menurut salah satu sumber keamanan, orangtua bocah itu telah memberi tahu polisi tentang kepergian putra mereka. Keluarga itu diketahui tinggal di distrik dekat bandara tersebut. ** Baca juga: Pecahkan Rekor Tertinggi di Tiongkok, Pohon Setinggi 83,2 Meter Ditemukan di Tibet

Otoritas penerbangan sipil Irak mengatakan, sebuah perusahaan swasta sejak 2019 bertanggung jawab atas keamanan di Bandara Najaf, yang melayani ratusan ribu pelancong setiap tahun.

“Semua prosedur hukum akan diambil terhadap perusahaan itu setelah penyelidikan selesai,” terang otoritas tersebut.(ilj/bbs)