oleh

Awas…! Wilayah Banten Selatan Rawan Longsor

Kabar6-Sejumlah wilayah di Banten Selatan diidentifikasi rawan longsor. Itu menyusul mulai datangnya musim penghujan. Kini, pemerintah setempat telah menyiagakan sejumlah peralatan berat telah disiagakan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor.

“Peralatan-peralatan berat saat ini kita konsentrasikan di daerah selatan,” kata M. Husni, kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten di gedung DPRD Provinsi Banten, Jumat (5/12/2014).

Menurut Husni, semua persiapan penanganan bencana longsor karena musim penghujan di wilayah Banten Selatan, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak sudah dipersiapkan dengan matang.

Hal tersebut dilakukan agar penanganan bencana dapat ditangani dengan sesegera mungkin, khususnya penanganan fasilitas publik seperti jalan raya.

“Karena masalah-masalah pemeliharaan sudah hampir rampung secara keseluruhan. Masalah bronjong juga sudah kita stok apabila terjadi longsor agar cepat kita tangani,” terangnya. **Baca juga: Angka Pengangguran di Kabupaten Tangerang Masih Tinggi.

Selain kesiapan penanganan bencana longsor, Husni pun mengatakan, pemeliharaan jalan berlubang akibat tergenang air hujan sudah siap meski tak ada alokasi anggaran khusus. Pemeliharaan setiap ruas jalan menelan anggaran sebesar Rp 60-70 juta perkilometernya.

“Lubang-lubang itu kan ada pendanaan pemeliharaan rutin, pemeliharaan rutin itu berlangsung terus menerus sepanjang tahun. Jadi dimana ada pekerjaan-pekerjaan perbaikan kerusakan ringan kita lakukan pemeliharaan rutin. Agar lubang-lubang itu tidak makin melebar,” tegasnya.(tmn/din)

Berita Terbaru