oleh

Apakah Hati Ayam Sehat untuk Dikonsumsi?

Kabar6-Tidak hanya ‘dagingnya’, ada banyak bagian ayam yang bisa dikonsumsi atau diolah menjadi makanan yang lezat, antara lain adalah usus atau cekernya. Ya, ayam adalah makanan yang aman untuk dikonsumsi, karena tidak mengandung lemak terlalu banyak dan mudah untuk dimasak.

Lantas, bagaimana dengan hati ayam? Apakah bagian hati ayam aman untuk dikonsumsi? Melansir healthyeating.sfgate, berikut penjelasannya:

1. Lemak dan kolesterol
Diet rendah lemak, terutama lemak jenuh, dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan kemungkinan Anda terkena penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Satu hati ayam mengandung 2,86 gram lemak total, dengan 0,9 gram jenuh, 248 mg kolesterol. Menurut American Heart Association, orang dewasa sehat dengan nilai kolesterol LDL (lemak jahat) normal harus mengonsumsi kurang dari 300 mg kolesterol setiap hari.

2. Besi dan seng
Hati ayam mengandung zat besi dan seng yang sehat. Zat besi memungkinkan tubuh Anda menggunakan oksigen secara efisien dan membuat sel darah merah baru. Mineral ini juga berperan dalam pembelahan sel dan kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan, penurunan oksigen dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pria sehat membutuhkan 8 mg zat besi setiap hari dan wanita sehat membutuhkan 18 mg. Satu hati ayam menyediakan 5,12 mg zat besi.

Seng berperan dalam penyembuhan luka, fungsi sistem kekebalan tubuh dan pembelahan sel. Pria membutuhkan 11 mg seng setiap hari dan wanita membutuhkan 8 mg. Satu hati ayam mengandung 1,75 mg.

3. Vitamin
Hati ayam merupakan sumber vitamin B yang bergizi. Satu hati ayam mengandung 7,41 mikrogram vitamin B12, yang secara signifikan lebih dari 2,4 mg yang Anda butuhkan setiap hari.

Anda memerlukan vitamin B12 untuk fungsi sehat otak dan sistem saraf, dan untuk melengkapi suplai darah. Satu hati ayam memasok 254 mikrogram 400 mikrogram asam folat yang dibutuhkan setiap hari. Asam folat mengurangi risiko cacat lahir tertentu.

Hati ayam yang sama mengandung 5.864 unit vitamin A internasional, nutrisi yang penting untuk kesehatan mata dan sel darah putih Anda. Ini lebih dari 2.300 unit internasional yang direkomendasikan untuk wanita dan 3.000 unit internasional yang direkomendasikan untuk pria.

Konsumsi hati ayam cukup sesekali untuk mencegah konsumsi terlalu banyak vitamin A, yang dapat menghambat kemampuan tubuh Anda menyerap vitamin D. ** Baca juga: Tidak Hanya Fisik, Kesehatan Mental pun Perlu Diperhatikan

Jadi karena kandungannya yang baik, hati ayam dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kolesterol.(ilj/bbs)

Berita Terbaru