oleh

Apa yang Jadi Penyebab Anda Merasa Merinding?

Kabar6-Biasanya saat menonton film horor, merasa kedinginan, atau melihat sesuatu yang menggetarkan hati, Anda akan mengalami kondisi yang disebut merinding, yaitu ketika bulu di kulit tampak berdiri tegak.

Ini adalah reaksi spontan tubuh yang berkaitan dengan pertahanan diri. Pada manusia, mungkin hal ini tidak akan terlihat signifikan. Bahkan kita bisa tidak tahu ketika orang di sebelah kita sedang merinding.

Namun pada hewan, terutama mamalia yang berbulu tebal, fase merinding membuat bulu mereka mengembang dan berdiri tegak. Dan hal ini kerap terjadi ketika mereka harus berhadapan dengan musuh.

Lantas, apa yang jadi penyebab Anda merinding? Melansir tempo.co, merinding adalah cara tubuh menghangatkan diri. Seringkali orang merasa merinding ketika menapakkan kaki ke luar rumah di tengah musim dingin atau udara bersuhu rendah. Ketika hal ini terjadi, otot yang terhubung dengan folikel rambut akan berkontraksi. Alhasil, kulit di sekitar folikel menegang dan menarik rambut yang terhubung.

Sama halnya, pada hewan pun ini dapat menjadi cara untuk menangkap udara sehingga terjadi insulasi, yaitu proses menyimpan panas agar tidak keluar tubuh. Ketika tubuh sudah merasa lebih hangat, bulu akan perlahan ‘tertidur’’ kembali. Biasanya, rasa merinding hanya berlangsung beberapa detik.

Merinding juga menjadi cara tubuh merespons emosi. Ada banyak cara tubuh merespons emosi yang begitu kuat. Respons yang paling umum adalah meningkatnya aktivitas elektrik di otot bawah kulit dan bertambah cepatnya seseorang bernapas. Kedua hal ini dapat memicu terjadinya merinding.

Kondisi merinding juga identik dengan reaksi saat mendapat sentuhan. Entah itu merasa senang atau sedih, atau keduanya terjadi di saat bersamaan. Seseorang bisa merasa merinding beberapa kali saat sedang menonton bioskop. Bandingkan dengan ketika dia mendengarkan lagu yang juga emosional. Hal ini berkaitan dengan stimulus visual.

Meskipun ada penelitian yang menyebutkan hubungan antara merinding dengan masalah medis seperti tumor otak, namun bukan berarti itu yang pasti terjadi. Merinding hanya merupakan refleks tubuh saat ada stimulus tertentu.

Namun hal ini tidak terlihat signifikan pada manusia karena jumlah bulu yang tidak terlalu banyak. Berbeda dengan hewan yang sekujur tubuhnya dipenuhi bulu. ** Baca juga: Sering Mengeluh Tidak Baik untuk Kesehatan Mental

Jadi, penyebab merinding bisa disimpulkan sebagai respons tubuh ketika otot yang terhubung dengan folikel rambut berkontraksi. Akibatnya, rambut yang terhubung akan menegang sehingga tampak seperti berdiri, yang disebut merinding.(ilj/bbs)

Berita Terbaru