oleh

Apa Fakta Menarik Seputar Halloween?

IlustrasiKabar6-Halloween yang dirayakan setiap 31 Oktober sudah berlalu. Di Indonesia, Halloween mungkin hanya dirayakan sebagian orang-orang di kota besar saja. Namun di Amerika dan Eropa, Perayaan Hallowen sudah menjadi semacam tradisi.

 

 

Di balik semua itu, ada beberapa fakta menarik seputar Hallowen yang layak Anda ketahui. Yuk simak uraiannya:

 

1. Halloween merupakan hari libur komersial paling ditunggu setelah Natal

 

2. Samhnainophobia adalah perasaan takut yang terjadi secara terus menerus terhadap Halloween

 

3. Burung hantu yang merupakan salah satu bagian dari Halloween, pada abad pertengahan di Eropa dianggap sebagai penyihir. Jika mendengar suara burung hantu itu berarti seseorang akan mati.

 

4. Menurut cerita rakyat Irlandia, Jack O’Lanterns, yaitu nama untuk hiasan Halloween dari labu kuning yang sudah dipotong di bagian atas, dikorek isi dan diukir hingga berbentuk kepala makhluk yang sedang menyeringai, adalah sebutan untuk seorang pria pelit bernama Jack.

 

Pria itu sudah berkali-kali ditipu oleh setan, sehingga dilarang masuk surga maupun neraka. Jack yang lantas dikutuk untuk mengembara di Bumi, melambaikan lenteranya untuk mengarahkan manusia agar menjauhi jalan mereka.

 

5. Witch atau penyihir yang identik juga dengan Halloween, berasal dari istilah Inggris kuno wicce, yang berarti perempuan bijaksana. Pada masa itu, wicce merupakan sosok yang sangat dihormati.

 

6. Hitam dan oranye merupakan dua warna yang identik dengan Halloween. Oranye adalah simbol kekuatan dan daya tahan, termasuk juga warna cokelat dan emas. Hitam adalah simbol kematian dan kegelapan. Hal ini sebagai pengingat bahwa Halloween adalah festival yang menandai batas antara kehidupan dan kematian.

 

7. Halloween dipengaruhi oleh festival Romawi kuno, Pomona, yang memperingati dewi panen dengan nama yang sama. Di masa lalu, Halloween juga disebut sebagai San-Apple Night dan Nutcrack Night.

 

8. Pada malam Halloween, jika seseorang memakai pakaian terbalik dan kemudian berjalan mundur, maka dia akanmelihat penyihir pada tengah malam.

 

9. Parade Village Halloween di New York City adalah parade Halloween terbesar di Amerika Serikat. Parade tersebut diikuti oleh 50.000 peserta dan menarik lebih dari dua juta pengunjung.

 

10. Di Prancis dan Australia, Halloween dianggap sebagai pengaruh dari Amerika yang terlalu bersifat komersial.(ilj)

**Baca juga: Uniknya Gaya Berkenalan Di Tempat Ini.

Berita Terbaru