oleh

Alfamart-Lazismu dan Bidan Desa Keliling Kampung, Berikan Layanan Kesehatan kepada Warga Badui

Kabar6-Alfamart bersama Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) bekerja sama dengan Puskesmas Cisimeut dibantu dibantu @sahabatrelawan911 memberikan layanan kesehatan kepada warga suku Badui, di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Mengelilingi perkampungan Kanekes, tim memberikan layanan kesehatan kepada warga sekaligus mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di 6 lokasi.

Ketua Komunitas Sahabat Relawan Indonesia Arif Kirdiat mengatakan, layanan kesehatan keliling merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap minggu bersama 10 bidan desa dan tenaga kesehatan lainnya di wilayah Kanekes.

“Kawasan Kanekes Badui merupakan remote area di mana akses kendaraan tidak diperkenankan masuk kawasan ini dan keberadaan tenaga kesehatan merupakan hal penting dalam mewujudkan kesehatan untuk semua,” kata Arif dalam keterangannya, Rabu (27/10/2021).

Kegiatan layanan kesehatan yang menjadi hak dasar yang berhak didapatkan oleh masyarakat itu bisa dilakukan karena donasi para konsumen Alfamart periode September-Desember 2021 yang dikelola Lazismu.

Manager Pendayagunaan Lazismu Falhan Nian Akbar menilai, penyaluran bantuan layanan kesehatan penting bagi warga. Program tersebut juga sejalan dengan program kesehatan Lazismu.

“Program kesehatan Lazismu yaitu program yang diarahkan untuk meningkatkan layanan di bidang kesehatan masyarakat, khususnya di kalangan keluarga kurang mampu melalui tindakan kuratif maupun kegiatan preventif (Berupa penyuluhan) maupun kampanye,” ujar Falhan.

“Kami berharap donasi ini akan memberikan keberkahan bagi semua penerima manfaat,” sambungnya.

**Baca juga: Pelayanan Informasi Publik Belum Optimal, Pemkab Lebak Buka Klinik Konsultasi

Sementara itu, menurut Bidan Pita salah satu tenaga kesehatan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut merupakan rutinitas mingguan yang menjadi hal penting dalam mewujudkan Indonesia Sehat.

“Terima kasih teman-teman relawan, Alfamart, dan Lazismu yang mendukung program ini karena biasanya kami para bidan hanya sendiri dalam menyusuri wilayah Badui memberikan layanan kesehatan,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru