oleh

Ada 1.000 Lowongan, Bursa Kerja Tangsel 2012 Dibuka Pekan Depan

Kabar6-Hembusan angin segar ditujunkan khusus bagi Anda remaja asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang hingga kini masih belum mendapatkan pekerjaan tetap alias pengangguran.

Perangkat pemerintah daerah setempat dalam waktu dekat akan menggelar pasar bursa kerja (job fair) 2012 bekerjasama dengan puluhan  industri perusahaan yang bergerak diberbagai sektor bisnis.

“Kita sudah bekerjasama dengan 50 perusahaan untuk merekrut tenaga kerja. Pada job fair nanti kita menargetkan bisa merekrut 1.000 pekerja untuk ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang ikut dalam bursa kerja,” ungkap Kepala Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Purnama Wijaya, Jumat (23/11/2012).

Purnama memaparkan, rencananya kegiatan bursa kerja dilaksanakan mulai 30 November hingga 2 Desember mendatang. Seluruh perusahaan yang ikut berpartisipasi telah mencantumkan klasifikasi pekerjaan yang dibutuhkan.

Termasuk juga diantaranya klasifikasi batas usia, asal program studi pendidikan pelamar dan keahlian calon tenaga kerja yang nantinya bakal ikut dalam bursa kerja.

Masih menurut Purnama, sampai pada pertengahan 2012 tercatat ada 52 ribu orang warga yang mencari pekerjaan. Jumlah itu kian bertambah setelah pada Oktober lalu diketahui bahwa angka pengangguran di daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini telah mencapai 60 ribu orang.

Angka pengangguran ini didominasi dari kalangan lulusan tingkat SMA, karena mereka tidak memiliki keahlian khusus ketika telah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah masing-masing.

“Banyaknya pengangguran ini akibat beberapa faktor, salah satunya tenaga kerja lulusan SMA sebagian besar belum siap pakai. Jumlah pengangguran didominasi lulusan SMA,” ungkapnya.

Faktor adanya arus urbanisasi, lanjut Purnama, juga menjadi penentu jumlah pengangguran di Kota Tangsel. Daerah ini telah menjadi pilihan dan tujuan bagi para pencari kerja untuk mencoba peruntungan keluar dari wilayah asalnya.

Ia berharap, melalui bursa kerja yang digelar setiap tahun ini mampu menekan angka pengangguran. Tak hanya itu, program pelatihan berbasis masyarakar khusus bagi usia produktif agar mempunyai keterampilan juga rutin dilakukan.

Sehingga, setelah lulus pelatihan para peserta bisa langsung mengisi lapangan pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dibidang yang sama.

“Setiap tahunnya diprediksi ada 1000 orang datang ke Kota tangsel untuk mencari pekerjaan. Makanya program pelatihan terus kita galakkan agar calon pencari kerja mempunyai keahlian atau keterampilan,” jelas mantan Camat Ciputat Timur ini lagi.(yud)

Berita Terbaru