oleh

Masih dalam Kondisi Bagus, Temuan Helm Logam Berusia 2.500 Tahun di Kroasia

image_pdfimage_print

Kabar6-Tim arkeolog di Kroasia menemukan helm logam berusia 2.500 tahun dalam gundukan pemakaman Iliria, di situs arkeologi Gomile, Kroasia, yang mungkin merupakan persembahan nazar atau bagian dari praktik pemujaan.

Kondisi helm itu masih sangat bagus, digali dalam struktur batu di dalam gundukan kuburan di situs arkeologi Gomile. Seorang profesor arkeologi di Universitas Zagreb yang memimpin penggalian, Hrvoje Potrebica, mengatakan bahwa persembahan nazar itu terjadi antara akhir abad keenam SM dan awal abad keempat SM.

Situs Gomile memiliki banyak gundukan kuburan dan terletak di dekat desa Zakotorac, Semenanjung Pelješac dekat Laut Adriatik. “Setiap gundukan (berisi) banyak kuburan dan setiap kuburan berisi banyak kuburan,” terang Potrebica.

Menurut catatan Yunani kuno, melansir news18, masyarakat Yunani yang disebut Iliria berkembang di wilayah tersebut sekirawaktu pembuatan helm. Bangsa Iliria terbagi menjadi beberapa suku, kerajaannya secara bertahap ditaklukkan Romawi dalam serangkaian perang yang terjadi antara tahun 229 dan 168 SM. Helm yang baru ditemukan tersebut belum menjalani konservasi. Namun, kondisinya masih bagus. “Tampaknya dalam kondisi sempurna,” kata Potrebica.

Struktur batu yang menahan helm tersebut terpisah dari semua kuburan di gundukan pemakaman. Hal ini dianggap sebagai persembahan nazar.

“Kepada leluhur yang telah meninggal atau bagian dari praktik pemujaan yang berkaitan dengan keseluruhan gundukan tersebut dan bukan individu tertentu atau kuburan,” kata Potrebica.

Sementara itu, Direktur Museum Arkeologi yang juga peneliti, Domagoj Perkić, menilai helm itu digunakan dalam pertempuran, bisa memberikan dampak psikologis terhadap musuh.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email