oleh

Pria 56 Tahun Asal Kroasia Mampu Tahan Napas dalam Air Selama 24,37 Menit

Kabar6-Budimir Sobat (56), pria asal Kroasia, mampu membuktikan diri sebagai pria tangguh dan tak tertandingi, melakukan percobaan menahan napas terlama di dalam air.

Tidak tanggung-tanggung, melansir Indianexpress, Sobat mampu menahan napas dalam air sekaligus membukukan rekor 24 menit 37,36 detik. Durasi tersebut diketahui lebih lama dari satu episode serial legendaris The Simpsons! Catatan rekor itu akhirnya dinyatakan sebagai rekor dunia baru versi Guinness World Records.

Sobat memecahkan rekor dunia sebelumnya atas nama Aleix Segura Vendrell dari Spanyol yaitu 24 menit 3,45 detik, atau terpaut 34 detik. Sobat membukukan rekornya di Sisak, Kroasia, untuk mempromosikan wilayah yang sempat dilanda gempa Bumi hebat pada Desember 2020.

“Kami memiliki masalah besar di sini di Kroasia dengan gempa bumi. Situasinya serius saat ini di Kroasia,” kata Sobat ketika mengajukan permohonan untuk mencatatkan rekor tersebut. “Kami berharap dapat mengumpulkan dana untuk orang-orang yang membutuhkan karena gempa Bumi menghancurkan seluruh Kota Petrinja.”

Sebelumnya, kondisi kota yang hancur nyaris membuat Sobat tak bisa berlatih. Namun, pria yang memang dikenal sebagai free diver itu tetap bertekad untuk memecahkan rekor, dengan bertahan sekuat yang dia mampu. ** Baca juga: Rekor Dunia untuk Tumpukan Permen Tertinggi Tercatat Atas Nama Pria Asal Inggris

Hal yang membuat prestasi Sobat kian terasa luar biasa adalah dia baru mulai menekuni olahraga selam saat berusia 48 tahun. “Saya kecanduan latihan apa pun, jadi saya tidak punya masalah dengan motivasi dan saya tidak pernah berhenti bermimpi untuk mencapai hasil terbaik terlepas dari usia saya,” katanya. (ilj/bbs)