oleh

Pria Lansia 70 Tahun di Singapura Punya Ginjal Berusia Nyaris 100 Tahun

image_pdfimage_print

Kabar6-Kong Fook Seng, pria lansia di Singapura yang Oktober mendatang akan berusia 70, memiliki ginjal berumur 98 tahun. Bagaimana bisa?

Rupanya, melansir asiaone, Seng saat masih berumur 20-an tahun telah menerima ginjal dari mendiang ayahnya. “Menerima ginjal dari ayah saya adalah berkah Tuhan, dibandingkan harus berbaring di tempat tidur untuk melakukan cuci darah,” kata Seng, yang didiagnosis glomerulonefritis kronis pada 1975, yaitu peradangan pada filter kecil ginjal yang membuang kelebihan cairan dan limbah dari aliran darah.

Seng mengatakan, dia menjadi sangat lesu dan mudah lelah, bahkan menaiki tangga menuju jembatan layang membutuhkan waktu 15 menit. “Saya bahkan harus duduk saat tidur, kalau tidak saya akan kesulitan bernapas,” ujar Seng.

Pada 1980, ketika Seng berusia 26 tahun, ia mengalami gagal ginjal dan selama jangka waktu lima hingga enam bulan pria itu menjalani dialisis peritoneal, untuk membuang limbah dan cairan ekstra melalui pembuluh darah yang melapisi dinding perut.

Pemberian ginjal tanpa pamrih dari sang ayah memungkinkan Seng untuk menjalani kehidupan normal. Kini Seng menjalani hidup sehat, kembali berolahraga dengan mengambil bagian dalam Pertandingan Transplantasi Dunia.

“Saya bahkan menjadi pembawa bendera pada tahun 1989,” kata Seng lagi.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email