oleh

9 Ucapan-Ucapan Doa Saat Imlek, Salah Satunya Mendoakan Indonesia

Kabar6-Perayaan Imlek selalu diiringi dengan ucapan-ucapan doa kepada Yang Maha Kuasa, selain ucapan seperti ‘Gong Xi Fa Chai’ yang berarti selamat sejahtera, ucapan-ucapan doa seperti itu juga ada yang khusus mendoakan Negara Republik Indonesia.

Dijelaskan oleh Budayawan Tionghoa Kota Tangerang Owy Tjin Eng kepada Kabar6.com, ucapan doa khusus untuk Negara Indonesia adalah ‘Kuo Tay Min An’.

“Artinya adalah Negara aman, adil dan sejahtera,” ujarnya di sekitar Vihara Boen Tek Bio, Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (13/2/2021).

Pria yang akrab disapa Tjin Eng ini mengatakan, selain ucapan doa untuk negara, ada juga ucapan doa harapan untuk tahun yang baru ini ‘Xin Nian Jin Pu’ yang berarti memiliki kemajuan yang lebih baik pada tahun baru ini.

“Ucapan doa untuk kesehatan ‘Shen Ti Jian Kang’ yang berarti memiliki kesehatan yang baik. Lalu ‘Wan Shi Ru Yi’ yang berarti semoga sukses,” terangnya.

Lalu, Tjin Eng menerangkan, untuk menyambut musim semi diucapkan ‘Sin Chun Kiong Hi’. Kemudian untuk doa tambah umur tambah rezeki ‘Thiam Hok Thiam Siu’.

**Baca juga: Selain Kemeriahan, 4 Makanan ini Wajib Ada Saat Perayaan Imlek

“Segala masalah diselesaikan dengan baik ‘Ban Su Ji I’. ‘Kie Ku Hap Ke Pang An’ yang berarto harmonis tentram dalam keluarga,” ungkapnya.

“Lalu terutama satu lagi untuk mendoakan Indonesia, sebutnya ‘Kuo Tay Min An’ supaya negara kita aman, adil dan sejahtera,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru