oleh

14.404 Polisi Siaga May Day, Buruh Janji Tidak Anarkis

Kabar6-Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono menyatakan, bila buruh sudah berjanji tidak melakukan tindakan anarkis yang mengganggu keamanan dan ketertiban, saat perayaan hari buruh Internasioal atau Mayday pada 1 mei besok.

“Sudah disepakati dengan 105 perwakilan serikat pekerja. Tidak ada penutupan jalan tol, sweeping pabrik, dan kegiatan lainnya yang mengganggu ketertiban,” ujar Kapolda.

Sedangkan untuk pengamanan May Day, Polda Metro Jaya akan menurunkan 14.404 personel gabungan. Terdiri dari, 5.217 personel Satgasda, 6.809 personel Satgasres, 1.597 personel BKO Mabes, 300 personel bantuan Kodam Jaya, dan 601 personel Pemprov DKI Jakarta.

“Berdasarkan data pemberitahuan aksi unjuk rasa buruh akan dilakukan di Istana Negara, Bundaran HI, Pantai Carnaval Ancol, Stadion Gelora Bung Karno Senayan, serta kawasan industri Tangerang dan Bekasi,” jelas Kapolda.

Aksi unjuk rasa buruh kali ini, lanjut Kapolda, beragendakan menolak kenaikan upah dua tahun sekali, menuntut adanya jaminan dana pensiun dan kesehatan, penghapusan outsourching, menolak pasar bebas, masalah ketenagakerjaan, serta menolak kenaikan harga BBM dan gas. **Baca juga: Begini Trik Komplotan Gembos Ban Versi Nasabah BCA Citra Raya.

“Mereka akan longmarch dari Bundaran HI ke Istana Negara, orasi di depan Istana, dan melaksanakan Shalat Jumat. Selanjutnya, mereka kembali orasi ke Istana Negara dan menuju Gelora Bung Karno. Seluruh kendaraan ditempatkan di kantong parkir IRTI, sekitar Monas, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, dan stasiun Gambir. Kegiatan berakhir pukul 17.00 WIB,” kata Kapolda.(HP/tom migran)

 

Berita Terbaru