oleh

14 Pasien Covid-19 Dirawat di RS Banten, 1 Positif

Kabar6-Sebanyak 14 pasien covid-19 dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Banten, dengan satu pasien diantaranya telah dinyatakan positif.

Pengiriman dilakukan secara bertahap, dari sebelumnya 7 orang dikirimkan pada hari Rabu (25/3/2020) kemarin, dan hari ini Kamis (26/3/2020), kembali 7 pasien Covid-19 masuk kedalam RS Banten untuk selanjutnya dirawat oleh tim medis.

“Per jam 14:00 WIB tadi, kami menerima 14 pasien, satu sudah dinyatakan positif dari rumah sakit sebelumnya,” terang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti, kepada wartawan.

Menurutnya, RS Banten merupakan pusat rujukan dari RS-RS lainnya yang menjadi RS rujukan khusus menangani pasien covid-19 di Provinsi Banten.

“Jadi pasien yang ada di kami (RS Banten) harus benar-benar pasien dari RS sebelumnya yang pernah dirujuk, kami tidak menerima rawat jalan, karena kami khusus untuk rawat inap. Dengan harapan 250 yang tersedia benar-benar efektif dari orang-orang yang butuh layanan,” katanya.

Lebih jauh Ati mengaku, sudah banyak list nama-nama pasien yang ingin masuk ke RS Banten dari rujukan RS sebelumnya tempat pernah pasien dirawat.

“Namun, karena perpindahannya ada tata cara SOP-nya, kami harus memastikan dulu mengenai tata caranya kepada RS yang akan merujuk, mengenai bagaimana merujuk kepada RSU Banten, agar dari sisi keamanan dan keselamatan baik pasien maupun petugas harus terjamin sebelum pasien dikirim,” katanya.**Baca juga: Besok, Pemprov Banten Mulai Distribusikan 3.600 Rapid Test Covid-19.

Menurutnya, saat ini RS Banten memiliki petugas mulai dari tenaga medis, paramedis dan non paramedis mencapai 594 orang yang siap untuk menangani pesied covid-19 di RSU Banten.(Den)

Berita Terbaru