oleh

Waspada Banjir, Bupati Zaki Desak Pusat Serahkan Kewenangan Pengelolaan Sungai

Kabar6-DPRD Kabupaten Tangerang meminta pemerintah setempat untuk mempersiapkan langkah-langkah menghadapi banjir serta dampak yang akan timbul. Itu mengingat insensitas curah hujan yang kini terus meningkat.

“Intensitas curah hujan mulai tinggi, beberapa daerah juga sudah terkena dampak banjir. Maka dari itu, kami meminta Pemkab Tangerang untuk melakukan persiapan dan antisipasi,” ungkap Sekertaris Komisi III DPRD Kabupaten Tangerang, Hj. Uswatun, Senin (16/11/2015). **Baca juga: BMKG Ciputat: Intensitas Curah Hujan Mulai Terjadi.

Politisi Partai Nasdem ini juga menyebut, bentuk kesiapan tak hanya dengan siaga personel penanggulangan bencana, namun juga meliputi ketersediaan logistik, air bersih hingga obat-obatan.

Selain itu, sebagai bentuk antisipasi Pemkab Tangerang juga bisa melakukan normalisasi atau rehabilitasi pada sungai dan irigasi, guna memperlancar aliran air.

Sementara, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, guna antisipasi banjir, kini Pemkab Tangerang telah melakukan koordinasi dan MoU dengan pihak Kementerian PU. **Baca juga: Pemuda Kelapa Indah Cemaskan Pembangunan Kota Ayodhya.

“Kita sudah meminta agar secepatnya kewenangan saluran air seperti, sungai ataupun situ segera diberikan pada kami (Pemda Kabupaten Tangerang). Agar kami bisa melakukan normalisasi guna mengantisipasi banjir,” terangnya.

Meski demikian, Bupati Zaki juga menyadari, bila banyak kendala dalam proses pemindahan kewenangan tersebut. **Baca juga: Khawatir Banjir, Warga Kemiri Minta Pembangunan Tanggul.

“Kalau proses masih lama, akan dibicarakan lagi tingkat muspida. Atau, kalau bisa berikan dana normalisasi pada pemerintah daerah, supaya bisa kami kerjakan,” pungkas Zaki.(Shy)

Berita Terbaru