oleh

Warga Pondok Aren Protes Sapi ke Walikota Tangsel

Kabar6-Sejumlah warga di Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melancarkan aksi protes menyusul berdirinya kandang sapi ternak disekitar wilayah Kebon Manggis di RT 01 dan 02 RW 05.

Protes warga ini sudah disampaikan secara langsung kepada pemilik sapi ternak. Tak hanya itu, warga juga telah melayangkan surat kepada Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

Joni Hidayat, salah seorang warga mengatakan, kandang sapi milik Saidi itu sangat mengganggu kenyamanan warga. Selain karena menimbulkan bau tak sedap dari kotoran ternak sapi juga menimbulkan suara gaduh.

“Waduh mas baunya sungguh sangat menyengat, apalagi kalau malam hari, kami warga yang berada disekitar peternakan tersebut sangat tidak nyaman dan merasa terganggu, apalagi kalau hujan turun, baunya makin menyengat,” ujar Joni, Minggu (3/2/2013).

Secara terpisah, Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Tramtib) Kecamatan Pondok Aren, Suhli, membenarkan telah menerima surat perihal keluhan warga tersebut.

Menurutnya di daerah itu terdapat sejumlah kandang sapi untuk penggemukan, salah satunya milik Saidi yang berdekatan dengan rumah warga.

“Kami sudah mengecek kelokasi, dan mengundang pengurus RT dan beberapa perwakilan warga, sekaligus mencarikan solusinya. Untuk sementara pemiliknya berjanji akan membuat penampungan limbah yang layak. Juga rencananya kotoran sapi tersebut akan dijadikan Bio gas, yang nanti akan bermangfat bagi lingkungan setempat, “ jelasnya.

Sementara itu Ketua LSM Pemuda Investasi Nusantara, Eky Marshal Firdaus, mengaku heran terhadap baru munculnya permasalahan ini.

Padahal keberadaan usaha penggemukan sapi milik warga di wilayah Pondok Aren, sudah lama. “Seharus aparat setempat, menyikapi maraknya usaha pengemukan sapi. Agar tidak muncul permasalahan,” katanya.(yud)

Berita Terbaru