oleh

Walikota Tangerang Sampaikan RAPBD 2016 Rp4,06 Triliun

Kabar6-Walikota, H. Arief R. Wismansyah menyampaikan bahwa Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan masih menjadi prioritas pembangunan tahun 2016 bersama sembilan program utama lainnya.

“Prioritas Pembangunan Kota Tangerang tahun 2016 bertumpu pada Peningkatan Pelayanan Pendidikan yang lengkap dan berkualitas, Peningkatan Pelayanan Kesehatan yang lengkap, berkualitas dan terjangkau, Peningkatan Pelayanan Sarana-Prasarana Pengendali Banjir, Pemberdayaaan Masyarakat Miskin, Pembukaan Lapangan Kerja, dan Pelayanan Kesejahteraan Sosial,” papar Walikota pada Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Penjelasan Walikota tentang Raperda APBD Tahun Anggaran 2016 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang, Selasa (24/11/2015).

Selain program-program tersebut, Walikota juga menambahkan bahwa program pembangunan tahun 2016 juga diarahkan pada Daya Dukung Lingkungan dan Keseimbangan Ekologis, Tata Kelola dan Tata Kerja Birokrasi Pemerintahan Daerah yang Baik dan Bersih, Kondusivitas Iklim Investasi dan Iklim Usaha Daerah, Ketahanan Pangan Daerah, Ketentraman dan Ketertiban serta Perlindungan Masyarakat, Pengetahuan dan Kebudayaan, Ekonomi Kreatif, Inovasi Teknologi serta Daya Saing Masyarakat dan Pengelolaan Energi.

Adapun komposisi Rancangan ApBD Kota Tangerang tahun anggaran 2016 meliputi pendapatan daerah yang ditargetkan sebesar Rp3,37 Triliun atau naik sebesar Rp78,66 Miliar dari Anggaran Perubahan tahun 2015. Sedangkan Belanja Daerah dianggarkan sebesar Rp4,06 Triliun.

“Dengan demikian terdapat defisit sebesar Rp694,70 Miliar yang ditutup dari Penerimaan Pembiayaan Daerah,” jelasnya.

Dan sebagai informasi Penerimaan Pembiayaan Daerah salah satunya bersumber daru dana penyesuaian dan otonomi khusus sebesar Rp245,25 Miliar. “Naik Rp5 Miliar dari Anggaran Perubahan tahun 2015,” ujarnya.

Kenaikan tersebut, lanjut Walikota, berasal dari dana insentif daerah karena Pemerintah Kota Tangerang berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tangerang Tahun Anggaran 2014 dan Penetapan serta Penyampaian APBD Tahun Anggaran 2015 secara tepat waktu.

Mengakhiri pidatonya, Walikota juga menyampaikan pantun yang berisi ajakan kepada para peserta Rapat Paripurna dan juga masyarakat Kota Tangerang untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan.

“Pergi ke Kantor Berbaju Putih, Menunjukkan Kita Memang Berbudaya Bersih, Penghargaan Adipura Kita Raih, Semoga Kota Tangerang semakin Bersih,” ucap Walikota yang langsung disambut tepukan tangan para peserta rapat.(adv)

Berita Terbaru