oleh

Wakil Rano di Pilgub Banten Harus Bisa “Bawa Partai”

Rano Karno saat bersama Walikota Tangerang, Arief Wismansyah.(bbs)

Kabar6-Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Banten, Sukira memastikan pihaknya tak perlu berkoalisi dengan banyak partai untuk mengusung petahana Rano Karno maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017 mendatang.

Hanya dengan berkoalisi dengan satu atau dua partai, maka PDI Perjuangan sudah bisa memenuhi syarat untuk untuk mendorong Rano sebagai Calon Gubernur Banten.

Posisi PDI Perjuangan di Pilgub Banten 2017 memang di atas angin, lantaran partai berlambang moncong putih itu mengantongi 15 kursi di DPRD Provinsi Banten.

Sedangkan minimum kursi untuk mencalonkan pasangan bakal calon dari jalur partai politik sendiri, sebanyak 17 kursi. Artinya, PDIP hanya perlu tambahan dua kursi untuk menguatkan posisi Rano.

“Minimal satu atau dua partai saja, kita sudah bisa melaju untuk mengusung Rano beserta calon wakilnya di Pilgub nanti,” kata Sukira, saat dihubungi awak media melalui telepon seluler, Jumat (19/8/2016). **Baca juga: Ibnu Jandi: Rano-Dimyati Bisa Gerus Suara WH-Andika.

Meski demikian, PDI Perjuangan tetap menginginkan agar calon wakil yang akan mendampingi Rano nanti, merupakan sosok yang sudah mendapat kepastian bakal diusung oleh salah satu partai politik di Pilgub 2017. **Baca juga: Lima Partai Besar Belum Bersikap di Pilgub Banten.

“Calon pendamping pak Rano juga harus bisa bawa partai pengusung. Tidak usah banyak-banyak, satu saja sudah cukup buat memenuhi persyaratan kursi,” kata Sukira. **Baca juga: Dekan FISIP Unsera Sebut Deklarasi WH-Andhika Upaya Kecoh Rano.

Sampai saat ini, PDIP Banten masih terus melakukan komunikasi dengan seluruh partai politik yang ada di Provinsi Banten dalam rangka penjajakan koalisi di Pilgub nanti. **Baca juga: WH-Andika Diprediksi Bakal Lawan Rano di Pilgub Banten.

“Di luar Golkar, Demokrat, Hanura dan PKS, kan masih ada empat partai lagi yang belum menentukan sikap. Nah, komunikasi dengan mereka ini lah yang terus kita jalin,” kata Sukira lagi.(zis)

Berita Terbaru