oleh

Untuk Pertama Kalinya, Wanita Tertinggi di Dunia Asal Turki Naik Pesawat

Kabar6-Untuk pertama kalinya, Rumeysa Gelgi (25), pemegang rekor Guinness World Records sebagai wanita tertinggi di dunia yang masih hidup, bepergian dengan pesawat, setelah Turkish Airline memodifikasi tempat untuknya.

Wanita asal Turki ini, melansir Republicworld, memiliki tinggi badan mencapai 2,15 meter hingga mengalami kesulitan bergerak. Alhasil, dalam keseharian wanita yang bekerja sebagai pengembang situs ini beraktivitas dibantu kursi roda dan tongkat. Kondisinya itu juga membuat Gelgi tak pernah bisa naik pesawat karena keterbatasan tempat.

Namun pada September 2022, Turkish Airline bersedia menyiapkan tempat untuk Gelgi. Mereka mencopot enam kursi pesawat dan menggantinya dengan tandu. ** Baca juga: Gara-gara Kursi di Pesawat, Rumah Tangga Pasutri Asal AS di Ujung Tanduk

Gelgi yang seumur hidup tidak pernah naik pesawat, mau tidak mau harus menggunakan transportasi udara karena urusan pekerjaan. Dia bertolak dari Turki ke California, Amerika Serikat, untuk meningkatkan karier di bidang pengembangan perangkat lunak komputer.

Selama perjalanan, Gelgi berbaring di atas tandu. “Perjalanan yang mulus dari awal sampai akhir…ini merupakan perjalanan pertamaku naik pesawat tapi tentu saja tidak akan jadi yang terakhir…Ucapan terima kasih yang tulus dariku untuk setiap orang yang telah menjadi bagian dari perjalanan ini,” tulis Rumeysa di akun Instagram miliknya.

Diketahui, Gelgi mengalami Weaver Syndrome, sebuah kondisi genetik langka yang membuat tubuhnya tumbuh terlalu cepat. Dia merupakan orang pertama di Turki yang didiagnosa dengan kondisi ini.

Wanita ini juga memecahkan rekor sebagai pemilik jari terpanjang, mencapai 11,2 cm, serta menjadi orang ke-27 pengidap Weaver Syndrome di seluruh dunia.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email