oleh

Unik, di Larangan Utara Ada TPS Bernuansa Bali

Kabar6-Ada beragam kreativitas ide yang ditampilkan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Tangerang. Hari ini di kota berjuluk “Akhlakul Karimah” itu diselenggarakan pesta demokrasi Pilkada 2018 serentak.

Seperti halnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 “Sekar Setaman” di RT 04 RW 05, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Ciledug. Di lokasi penyoblosan itu KPPS menghadirkan nuansa adat istiadat kebudayaan Bali kental terlihat.

Mulai dari pakaian daerah yang dikenakan KPPS laki-laki memakai udeng atau destra ikat kepala, kain songket dan saput. Sedangkan petugas perempuan menggunakan kain songket dengan bunga kamboja yang diselipkan di daun telinga. Ditambah lagi hiasan tedung atau payung bali hingga janur di depan tenda penyoblosan.

“Idenya karena unik dan budaya Bali itu sudah terkenal di dunia. Dan merupakan suatu kebanggaan buat kita orang Indonesia,” ungkap Sunaryo, anggota KPPS saat dikonfirmasi kabar6.com, Rabu (27/6/2018).

Ia jelaskan, rencana strategis pembuatan TPS 15 bernuansa Bali bertujuan agar dapat menarik minat warga menyalurkan hak pilihnya. Berbagai pihak pun menyatakan apresiasi karena mengganggap unik serta tampil beda.

Hasil tingkat partisipasi pemilih pun terbukti cukup signifikan. Naryo sebutkan, berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 202 orang, sebanyak 178 orang datang untuk menyoblos.

“Suara pemilih laki-laku 88 orang dan suara pemilih perempuan 90 orang,” ungkapnya. Menurut Naryo, sisa warga yang tak menyalurkan hak pilihnya karena banyak pemilih yang masih mudik.**Baca Juga: Ini Kendala Penyelenggaraan Pilkada di Kota Tangerang Versi Bawaslu.

“Dan banyak juga yang ber-KTP lingkungan sini dan berdomisili di tempat lain,” tutupnya.(yud)

Berita Terbaru