oleh

Trik Jitu Ganti Nasi Putih

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Meninggalkan nasi dalam menu harian seperti adalah hal yang sulit dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia. Ketergantungan kita terhadap nasi juga disebabkan oleh kandungan pada nasi.

Makanan yang kaya akan karbohidrat seperti, nasi dan kentang, dikutip dari u.msn.com, dapat meningkatkan zat serotonin yang menstimulasi perasaan bahagia ke otak.

Di sisi lain, menghilangkan asupan karbohidrat justru memperlambat metabolisme tubuh. Jadi bagaimana trik jitu mengganti nasi putih?

1. Maksimalkan konsumsi protein
Para peneliti di Denmark menemukan fakta bahwa asupan protein yang digunakan untuk menggantikan karbohidrat sehari-hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Heather Bauer, RD, penemu Nu-Train dan seorang konsultan nutrisi di New York City menyarankan untuk menambah protein sebanyak 50 gram sehari. Artinya, Anda dapat mengonsumsi lebih banyak telur, daging tanpa lemak, atau ikan sebagai menu makan, dibandingkan porsi nasi putih.

2. Manfaat beras merah atau gandum
Ganti nasi putih dengan beras merah karena mengandung lebih banyak vitamin, mineral, dan serat. Anda juga dapat mengganti porsi nasi dengan roti gandum.

Sebuah penelitian dari Wake Forest University School of Medicine di Winston-Salem, North Carolina, mengungkap bahwa mereka yang makan lebih banyak serat dapat mengurangi lemak di bagian perut dan meminimalkan risiko penyakit diabetes serta jantung.

3. Pilih waktu tepat.
Ganti sarapan Anda dengan karbohidrat yang lebih sehat, seperti oatmeal atau whole-graintoast. Dengan sarapan kaya serat itu, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan cenderung tidak ingin menyambar camilan selama seharian ke depan. ** Baca juga: Tubuh Gemuk Bisa Jadi Karena Kurang Minum
Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru