oleh

Tanpa Disadari Berikut Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan Siang

Kabar6-Pola hidup sehat dimulai juga dari disiplin mengatur pola makan yang kaya nutrisi, untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sayangnya, ada beberapa kesalahan yang sering kita lakukan dan tidak disadari pada saat makan siang, yang ternyata bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Dikutip dari nova.id, berikut adalah enam kesalahan yang dimaksud:

1. Makan di luar setiap hari
Saat akan pergi ke kantor mungkin Anda dalam kondisi terburu-buru dan tidak sempat menyiapkan bekal untuk makan siang. Dengan begitu Anda sering menghabiskan makan siang dengan membeli di luar.

Makanan dari restoran ataupun makanan cepat saji mengandung banyak kalori, lemak jenuh, dan juga garam dibandingkan dengan makanan rumahan. Hindari makan di luar dan mulailah menyiapkan makanan dari rumah.

2. Makan di meja kerja
Saat makan di meja kerja, kita bisa meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsi saat istirahat makan siang, sehingga menyebabkan porsi makan menjadi banyak. Hal ini karena saat makan di meja kerja, kita kehilangan jejak sudah berapa banyak makanan yang dikonsumsi.

3. Gunakan ponsel saat makan
Menggunakan ponsel bisa mengganggu kita saat makan. Ponsel membuat kita tidak fokus seberapa banyak makanan yang sudah dimakan. Cobalah untuk beristirahat dari aktivitas ponsel kita saat makan siang.

4. Minum kopi usai makan siang
Usai makan siang langsng minum secangkir kopi adalah sebuah kesalahan. Hal ini karena minum secangkir kopi enam jam sebelum tidur bisa mengganggu pola tidur kita.

5. Menyingkirkan sayuran hijau dalam menu makanan
Kebiasaan menyingkirkan sayuran hijau dalam menu makan siang akan membuat kita kekurangan nutrisi di dalamnya. Dianjurkan untuk menyertakan sayuran hijau di makan siang kita seperti bayam, brokoli, kol, dan lainnya yang bisa memberikan nutrisi penuh seperti serat, vitamin C, dan antioksidan.

6. Jangan lupa minum air putih
Minum air putih merupakan hal penting. Ini sama halnya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Menghidrasi tubuh setiap 15 menit dengan air putih bisa menghindari tubuh kita terhadap dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi maka bisa menimbulkan konsekuensi yang menggangu, seperti gangguan pencernaan, kelelahan, bahkan metabolisme yang lambat. ** Baca juga: Bekerja Sambil Dengarkan Musik Bantu Tingkatkan Performa Kerja

Mulai sekarang stop enam kebiasaan yang merugikan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru