oleh

Soal Penyalahgunaan BLT DD, Begini Kata Camat Tigaraksa

Kabar6-Dugaan penyalahgunaan anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dampak Covid-19 tahun anggaran 2020 di Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Camat Tigaraksa Hj Rahyuni akan melakukan koordinasi dengan Kepala Desa (Kades) Tapos.

Hal itu menyusul adanya enam orang warga Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang mendatangi dan mengadukan ke lembaga sosial control perihal penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran Dana Desa tahun 2020.

“Coba ntar saya komunikasikan ke Kades Tapos,” ungkap Camat Tigaraksa Hj. Rahyuni kepada kabar6.com melalui pesan singkat WhatsApp pada Jumat (16/4/2021).

Terpisah, Taslim Wirawan dari tim Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat Tangerang Raya (ALTAR) menyayangkan sikap Kades Tapos melalui ketua RT setempat yang melakukan intimidasi terhadap warganya.

“Warga yang mengadukan terkait BLT itu ke kami, oleh ketua RT nya malah di intimidasi, harusnya itu diselesaikan atau dicarikan solusi bukan di intimidasi,” ujar Taslim Wirawan, Sabtu (17/4/2021).

Taslim mengaku mendapat pengaduan dari warga Desa Tapos melalui pesan suara voice note dari salah satu ketua RT.

“Dalam pesan suara atau voice note itu, ketua RT mengatakan kepada warganya seolah olah warga tersebut tidak tau terimakasih, ini saya rasa suatu sikap yang kurang pas yang di lakukan oleh ketua RT, dimana RT merupakan pejabat pemerintah, dan lagipula ketua RT nya sibuk, seharusnya itu kepala Desa yang panggil warganya untuk menyelesaikan,” tegas Taslim.

Sebelumya, dikatakan Hamson, terkait itu, keenam warga Desa Tapos itu telah membuat surat pernyataan dan menguasakan kepada pihak ALTAR untuk mengkonfirmasi kepada Kepala Desa (Kades) terkait dugaan penyalahgunaan penyaluran BLT DD.

“Kami ALTAR meminta Kades untuk mengklarifikasi serta menyelesaikan hal itu kepada masyarakat sebelum kami dorong hal ini ke Kejari,” ungkapnya pada Jumat (16/4/2021).

**Baca juga: Ciptakan Pilkades Aman, Panitia di Pasanggrahan Jalin Koordinasi Dengan Bacalon

Sementara keenam warga Desa Tapos itu di antaranya, M. Didi. S, Santi Setiawati, M. Riani, Sarminah, Tini, Kayok.

Terpisah, Kades Tapos Kecamtan Tigaraksa Khairudin saat di konfirmasi kabar6.com melalui pesan WhatsApp belum memberikan jawaban ihwal penyaluran BLT DD tersebut.(Han)

Berita Terbaru