oleh

Ciptakan Pilkades Aman, Panitia di Pasanggrahan Jalin Koordinasi Dengan Bacalon

Kabar6-Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Tangerang kini tengah memasuki tahapan pendaftaran bagi para bakal calon (Bacalon) Kepala Desa (Kades) yang akan ikut ambil bagian dalam kontestasi Pilkades.

Tahapan pendaftaran pun sudah dibuka sejak 11 April 2021 sampai dengan 19 April 2021, sementara panitia pemilihan Kepala Desa (Pilkades) terus melakukan sosialisasi keliling sebagai upaya untuk menciptakan kelancaran dalam proses pesta demokrasi enam tahunan itu.

Diketahui, ada sekitar 77 Desa di 26 Kecamatan di Kabupaten Tangerang yang akan melaksanakan pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Kades) yang akan digelar pada 4 Juli 2021 mendatang, sementara di Kecamatan Solear ada dua Desa yang akan menggelar Pilkades yaitu Desa Pasanggrahan dan Desa Munjul.

Ketua panitia pelaksana Pilkades Pasanggrahan Heri Irawan mengatakan, untuk mensukseskan pesta demokrasi Pilkades, yang saat ini tengah memasuki tahapan pendaftaran, pihaknya perlu melakukan road show keliling sebagai bentuk sosialisasi terhadap bakal calon (Bacalon) terutama yang berkaitan dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap Bacalon.

“Kami perlu road show atau silaturahmi keliling ketempat kediaman para Bacalon Kades Pasanggrahan dalam rangka sosialisasi atau koordinasi mengenai tahapan tahapan yang harus dilalui oleh Bacalon, terutama persyaratan untuk mendaftar bagi Bacalon, jangan sampai batasan pendaftaran sudah tutup, sementara persyaratan masih ada yang belum selesai,” ucap Ketua panitia Pilkades Desa Pasanggrahan Heri Irawan saat ditemui kabar6.com di kantor sekretariat Pilkades, Sabtu (17/4/2021).

Disamping itu lanjut Heri Irawan, selain koordinasi dengan para Bacalon kita juga melakukan sosialisasi mengenai tahapan saat pemungutan suara, yang berkaitan dengan hak pilih masyarakat, dimana hal itu diatur dalam undang-undang pasal 21 mengatakan bahwa pemilih berdasarkan KTP, KK dan Domisili.

Menurut Heri Irawan, dalam road show keliling ke kediaman Bacalon Kades Pasanggrahan itu, sebagai panitia pelaksana Pilkades di Desa Pasanggrahan, pihaknya mengajak para Bacalon Kepala Desa untuk sama sama menciptakan suasana politik yang sehat, aman dan damai.

“Sukses itu tidak menurut nilai kita, tetapi sukses nilai dari masyarakat, artinya dalam pelaksanaan nanti tidak ada konflik, jangan sampai di akhir pelaksanaan ada pihak pihak yang memprotes, hal itu yang kita hindari,” terang Heri.

Heri Irawan menambahkan, jajaran panitia akan terus melakukan koordinasi kepada lima Bacalon untuk terus bersinergi menjalin komunikasi dengan baik demi terciptanya suasana Pilkades yang lancar, aman, damai dan sukses.

Bacalon Kades Pasanggrahan diantaranya, Madrais SE, Sutarlan, Sidik, Muhammad Nur dan Agus Setyantoro

Dikabarkan sebelumnya, H. A. Sugianto Ali A.S Kasi Fasilitasi Pembangunan Desa DPMPD Kabupaten Tangerang menghimbau kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang berkualitas sehingga menghasilkan Kades yang berkompeten dan tidak gagap teknologi (gaptek).

“Sesuai dengan yang diharapkan oleh Bupati setiap Kades nanti harus mahir dengan tekhnologi, harus menguasai komputerisasi, teknologi sudah maju, setiap Kades harus bisa,” ungkap pria yang akrab disapa H. Anto kepada kabar6.com saat ditemui di ruangannya pada Senin (5/4/2021).

**Baca juga: Perumdam TKR Sigap Tanggapi Keluhan Pelanggan

Menurutnya, pada tahapan Pilkades serentak 2021 ini, Bakal Calon (Balon) Kades akan mengikuti rangkaian uji kompetensi (Ujikom) yang ketat, terutama harus mahir dalam mengoperasikan komputer.

“Itu syarat utama dalam dalam uji kompetensi (Ujikom), itu harus bisa,” terang H. Anto.(Han)

Berita Terbaru