oleh

Sisi Lain Penyebab Makan Berlebihan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tanpa disadari, Anda sering makan melebihi porsi yang sewajarnya alias makan berlebihan. Hal ini tentu saja merugikan, selain tidak baik untuk kesehatan, berat badan pun akan semakin membengkak.

Tahukah Anda, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang makan berlebihan? Dikutip dari berbagai sumber, ini dia faktor yang memengaruhi Anda makan berlebihan:

1. Kurang konsumsi protein
Protein berperan penting bagi pembentukan sel-sel dalam tubuh. Peneliti dari Universitas Sydney mengungkapkan, nafsu makan seseorang terhadap protein itu sangat kuat dan instingtif, sehingga akan terus makan hingga kebutuhan proteinnya tercukupi.
 
2. Makan sambil melakukan hal lain
Ketika Anda terbiasa makan sembari melakukan hal lain, seperti nonton TV, berselancar di dunia maya, membaca buku, atau mengerjakan sesuatu, kebiasaan ini bisa memicu makan berlebihan.

Menurut ahli, orang-orang cenderung mengkonsumsi makanan 50 persen lebih banyak ketika melakukan kebiasaan tersebut, terutama bila dilakukan di penghujung hari.
 
3. Konsumsi gula
Konsumsi makanan manis memang bikin ketagihan, dan dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat pesat untuk beberapa saat, memicu pelepasan insulin untuk menyimpan lemak serta dopamin yang ‘menyenangkan’ otak.

Ketika kadar gula darah kembali turun, Anda pun kembali merasakan lapar. Inilah yang membuat orang kembali mengkonsumsi gula dan siklus lingkaran setan pun terus berulang. Alhasil Anda akan menumpuk kalori secara berlebihan.

4. Emosi tidak stabil
Tidak sedikit orang yang melampiaskan kemarahan, kesedihan atau saat bosan dengan lagi ke makanan. Nyaris 75 persen kasus makan berlebihan disebabkan karena emosi. Solusinya, alihkan perhatian dengan sesuatu yang lebih bermanfaat, misalnya olahraga atau jalan-jalan.

5. Pengaruhi lingkungan pergaulan
Pola makan tidak hanya datang dari diri sendiri, tapi juga dipengaruhi oleh lingkungan. Jika Anda memiliki orangtua yang terbiasa makan berlebihan, kebiasaan ini bakal cenderung menular. Atau, Anda memiliki teman yang tetap kurus meski makan banyak.

Faktor lingkungan semacam ini yang membuat alam bawah sadar Anda keliru mengambil keputusan. Solusinya, latihlah alam sadar untuk makan sesuai kebutuhan, alias tidak berlebihan. ** Baca juga: Kunci Keberhasilan Diet, Perhatikan Waktu Makan Malam

Sudah wajarkah porsi makan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru