oleh

Rp 20 Miliar Digelontorkan untuk Pilkades di Pandeglang

Kabar6- Lebih dari Rp 20 miliar digelontorkan pemerintah untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Pandeglang.

Anggaran sebesar itu dihibahkan untuk pesta demokrasi desa tingkat desa sebanyak 207 desa di 35 Kecamatan di Pandeglang.

“Rp 20 Miliar itu total untuk semuanya iya, mulai dari panitia tingkat kabupaten sampai panitia desa,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pandeglang, Iskandar, Senin (7/6/2021).

Iskandar mengatakan bahwa anggaran tersebut merupakan hibah APBD dan sebagiannya bersumber dari Anggaran Desa.

Adapun rincian anggaran tersebut untuk biaya pengamanan, pembuatan Tempat Pemungutaan Suara (TPS) dan biaya lainnya. Dari anggaran tersebut para kandidat calon kepala desa tidak di pungut biaya sepeserpun.

“Jadi ada biaya hibah untuk pengamanan pilkada, mengawal kota suara. Untuk Pembiayaan calon kan tidak di bebankan kepada peserta tapi dibebankan kepada pemerintah Pemkab Pandeglang,” tuturnya.

**Baca juga: Kesenjangan Signal Masih Dialami Pandeglang

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan mengaku jika setiap desa mendapatkan anggarannya tergantung jumlah penduduk dan jumlah TPS. Sehingga desa yang satu dengan desa yang lainnya anggarannya variatif.

“Bervariatif, paling sedikit Rp 50 juta paling besar Rp 100 jutaan. Dilihat dari jumlah penduduk dan jumlah TPS,” singkat Doni.(aep)

Berita Terbaru