oleh

Ratusan Tenaga Medis Kabupaten Tangerang Ikuti Rapid Test

Kabar6 – Ratusan tenaga medis rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kabupaten Tangerang ikuti rapid test atau test cepat Virus Corona (Covid-19).

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hery Heriyanto mengatakan, sebanyak 600 tenaga medis menjalani tes cepat tersebut. Angka itu disesuaikan dengan jumlah alat rapid test yang diperoleh pemerintah setempat.

“Saat ini kita fokuskan dulu pemeriksaan kepada tenaga medis, sesuai dengan jumlah rapid test yang kita dapat. Dan hingga sekarang pun, kita masih usahakan untuk bisa mendapatkan rapid tes dengan jumlah yang sesuai, agar tidak hanya tenaga medis yang diperiksa, tapi juga orang dalam pemantauan, orang dalam resiko dan pasien dalam pengawasan,” katanya, Senin, (30/3/2020).

Sementara itu, Humas RSUD Kabupaten Tangerang, Mohamad Rifki mengatakan, untuk rapid test dirumah sakit tersebut telah berjalan sejak Sabtu, (28/3/2020).

“Kalau dirumah sakit Kabupaten Tangerang, sudah berjalan sejak Sabtu, 28 Maret 2020 kamarin. Begitu alat itu turun, kita langsung lakukan jadwal pemeriksaan. Hal ini kita lakukan untuk menghindari penumpukan makanya, kita buat bertahap dan hingga hari ini masih berjalan rapid tes untuk tenaga medis tersebut,” ujarnya.

Dalam proses pemeriksaannya, para tenaga medis yang bertugas di RSUD Kabupaten Tangerang, akan diminta mendatangi laboratorium yang ada di rumah sakit itu.

“Kita arahkan mereka ke laboratorium, satu per satu untuk diambil darahnya, karena memang tes cepat Virus Corona ini melalui pengambilan darah. Dan untuk berapa banyak yang sudah dilakukan tes cepat, masih kita data,” ungkapnya.

**Baca juga: Griya Anabatic Jadi Pusat Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

Untuk diketahui pula, tes cepat atau rapid test ini merupakan langkah untuk men-screening setiap orang yang beresiko atau masuk dalam status ODP dan PDP. Sebelum nantinya, masuk pada langkah konfirmasi eksistensi virus tersebut. (Vee)

Berita Terbaru