oleh

Rano: Siswa SMK Jangan Minder

Kabar6-Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional XXIII dan pameran hasil karya siswa SMK 2015 yang diadakan di Provinsi Banten, Selasa (9/6/2015) ini resmi digelar, hingga 13 Juni 2015.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Banten Rano Karno, mengatakan bahwa acara tersebut memotivasi kepada siswa SMK se-Indonesia agar tidak merasa minder.

“Jangan merasa minder, dulu orang yang sekolah di SMK dianggap buangan tapi untuk saat ini keahlian siswa SMK menjadi hal penting,” ujarnya.

Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Rano berharap, siswa-siswa SMK agar mempelajari bahasa asing, sehingga dapat bersaing di dunia internasional.

“Untuk keahlian siswa SMK kita sudah diakui dikancah internasional, tapi perlu penambahan kualitas bahasa asing agar dapat lebih berkompetensi,” tegasnya.

Acara LKS SMK merupakan kerjasama antara Diknas Pendidikan Provinsi Banten dengan BUMD PT Banten Global Edukasi (BGE). Digelar di Indonesian Convention Exibhtion BSD, Tangerang.

Selain Rano Karno, turut pula hadir Ketua DPRD Banten, Asep Rakhmatullah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Engkos Kosasih, dan Dirut BGE, Ricky T, serta pejabat dari Kemendikbud.

LKS setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Merupakan kompetisi tahunan antarsiswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. ** Baca juga: Ini Harga Kenaikan Kebutuhan di Pasar Ciputat

Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). (tmn/din)

Berita Terbaru