oleh

Puspiptek Serpong Uji Emisi Mobil Asia Tenggara

Kabar6-Seluruh mobil mewah yang akan dipasarkan di Asia Tenggara, akan diuji emisi terlebih dahulu di Badan Pusat Pengkajian Teknologi (BPPT) yang berlokasi di Puspitek, Tangerang Selatan (Tangsel).

 

Sedianya, pengujian emisi mobil mewah sebelum dipasarkan, merupakan salah satu bagian penting guna mengetahui kondisi mesin mobil.

 

Kepala Laboratorium Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Puspitek, Rizqon, mengatakan bahwa mobil mewah yang akan dipasarkan di Asean diuji emisi di dua tempat, yakni di Thailand serta Indonesia.

 

“Uji emisi dilakukan dengan standart Euro-2,” kata Rizqon saat ditemui Menristekdikti, Mohamad Nasir, di labotratorium BTMP Puspitek.

 

Ya, kehadiran Menristekdikti ini adalah kunjungan kerja dalam rangka meninjau reaktor nuklir BATAN, laboratorium uji emisi, e-KTP dan e-voting BPPT serta laboratorium Bioteknologi.

 

Rizqon juga mengatakan, pihaknya akan membangun tempat uji emisi untuk kendaraan listrik, agar semua kendaraan listrik di Indonesia dapat layak pakai serta mengembangkan teknologi di mobil listrik.

 

Menristekdikti menambahkan, untuk uji emisi mobil mewah tersebut sudah ada selama kurang lebih dua bulan ini di BPPT, apabila mobil-mobil yang tidak lolos uji emisi tidak akan di jual ke pasaran.

 

“Kalau mobil mewah tidak lolos uji emisi biasanya mereka mengulang kembali uji emisi tersebut, sampai benar-benar lolos. Karena kalau tidak lolos mana mungkin bisa dipasarkan,” kata Nasir. ** Baca juga: Tawuran Pemuda, Polsek Balaraja Periksa Sembilan Orang

 

Sementara pantauan kabar6.com di laboratorium Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) terlihat satu unit mobil mewah merk Mercedes Benz type SL 400 warna putih sedang dilakukan uji emisi.(cep)

Berita Terbaru