oleh

Pria Lebih Pilih Wanita Berwajah Cantik atau Bertubuh Indah?

Kabar6-Tidak sedikit pria yang berharap memiliki pasangan dengan fisik menarik. Secara umum, pria sering membagi dua kriteria dalam mencari pasangan, yaitu wajah yang menarik atau tubuh seksi.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pilihan tersebut, melansir Kompas, tim peneliti bidang psikologi membuat sebuah penelitian yang meminta sekelompok pria ‘mendesain’ kriteria pasangan idaman untuk hubungan jangka panjang. Hasilnya, pria lebih memilih wanita dengan wajah yang menarik ketimbang bentuk tubuh aduhai.

Dalam riset yang dirancang oleh Carin Perilloix dari Southwestern University di Texas dan Jaime Cloud dari Western Oregon University ini, periset menerapkan sistem budget point atau mengalokasikan 250 point nilai untuk peserta pria dan wanita.

Setiap peserta dihadapkan dengan daftar ciri-ciri fisik yang terkait wajah dan tubuh. Setelah itu, peserta diminta memberikan poin untuk masing-masing ciri fisik dengan skala nol hingga 10, tergantung pada ciri fisik mana yang mereka sukai.

Baik untuk hubungan jangka pendek atau jangka panjang, peserta pria ternyata lebih memprioritaskan wajah yang menarik ketimbang fisik yang seksi.

Namun, hasil berbeda ketika peneliti memberi budget point lebih kecil pada peserta pria dan meminta mereka merancang pasangan untuk hubungan jangka pendek. Dalam kondisi ini, para pria lebih memilih tubuh yang menarik daripada wajah.

Dengan kata lain, pria lebih memilih wanita dengan wajah menarik untuk hubungan jangka panjang ataupun pendek. Para peneliti percaya perilaku ini mencerminkan bagaimana kita secara tidak sadar menilai potensi reproduksi jangka panjang wanita.

Lebih khusus lagi, potensi reproduksi jangka panjang wanita bisa dikomunikasikan dengan lebih baik melalui ciri-ciri wajah yang mencakup corak kulit dan faktor penuaan seperti kerutan bila dibandingkan dengan sifat-sifat tubuh.

Menurut peneliti, inilah yang membuat pria lebih suka wanita yang lebih menarik dari segi wajah untuk hubungan jangka panjang. Psikolog telah lama menyadari fenomena ini. Namun, riset ini adalah yang pertama berhasil mengungkap daya saing pria dalam mencari jodoh dengan pilihan terbatas.

Lantas, bagaimana dengan wanita dalam mencari jodoh? Menurut studi, wanita tidak begitu mempedulikan ciri fisik yang menunjukkan tingkat kesuburan pria.

Peneliti mengatakan, ini terjadi karena tingkat kesuburan pria tidak bisa terlihat jelas lewat ciri fisiknya. ** Baca juga: Sering Rasakan Sakit Perut Usai Makan, Apa Penyebabnya?

Jadi tidak mengherankan bahwa preferensi wanita dalam memilih pasangan tidak memiliki perbedaan, baik dalam saat memilih hubungan dalam jangka panjang atau pendek. Bahkan, ketika para wanita diberi budget point lebih kecil pun hasil menunjukkan hal serupa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru