oleh

Polresta Tangerang dan 3 Pilar Gelar Patroli Skala Besar, Amankan Ibadah Peringatan Paskah

Kabar6 – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten bersama unsur Pemkab Tangerang dan jajaran Kodim 0510 Tigaraksa menggelar Patroli Skala Besar, Sabtu (3/4/2021) malam.

Patroli dilaksanakan untuk mengamankan rangkaian Peringatan Hari Paskah yakni Ibadah Sabtu Suci.

Kegiatan dimulai dengan apel gelar pasukan di Mapolresta Tangerang. Usai apel, jajaran bergerak memulai pelaksanakan Patroli Skala Besar menggunakan kendaraan dinas roda dua dan roda empat. Sedangkan, pasukan yang diterjunkan sebanyak 70 personel gabungan.

“Lokasi pertama, kami bergerak ke Gereja Santa Gregorius Agung di Kecamatan Pasar Kemis. Kami berkoordinasi serta melaksanakan pengecekan ruang pengaturan siaran streaming kegiatan ibadah di gereja,” kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro.

Dikatakan Wahyu, kegiatan ibadah memang disiarkan melalui live streaming. Hal itu sebagai bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan. Dengan live streaming, jumlah jemaat yang hadir langsung di gereja benar-benar dibatasi.

Dikatakan Wahyu, kehadiran aparat semata-mata untuk menjamin keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan ibadah Paskah. Dengan demikian Wahyu berharap, jemaat untuk tidak usah khawatir.

“Kami siap mengamankan dan yang juga penting adalah agar protokol kesehatan benar-benar dijalankan,” ujar Wahyu.

Usai dari Gereja Santa Gregorius Agung, Wahyu dan jajaran bergerak ke Gereja Santa Odelia, Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. Di gereja Katolik ini, Wahyu memimpin pengamanan. Dikatakan Wahyu, untuk menjamin rasa aman, pasukan pengamanan turut menerjunkan 6 personel Gegana Brimob Polda Banten.

Wahyu menyampaikan, secara umum rangkaian Peringatan Hari Paskah berjalan kondusif. Secara keseluruhan, kata Wahyu, pengamanan Hari Paskah dilaksanakan di 38 gereja yang ada di wilayah hukum Polresta Tangerang. Hal itu, lanjut Wahyu, berkat kerja sama dan sinergisitas TNI-Polri dan pemerintah daerah.

“Ada 38 gereja yang kami amankan dalam kegiatan ibadah Jumat Agung dan Sabtu Suci, semua berjalan dengan aman,” terangnya.

**Baca juga: Diduga Kekerasan Didalam Pesantren, Pembimbing Kelas: Akan Disampaikan Pada Pimpinan

Meksi demikian, Wahyu memastikan pengamanan akan tetap maksimal. Kegiatan patroli akan tetap dilaksanakan guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Selain itu, Wahyu menambahkan, kegiatan patroli juga untuk mengawal pelaksanaan protokol kesehatan.

“Selain untuk mewujudkan kamtibmas kondusif, juga untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan,” tandasnya.(vee)

Berita Terbaru