oleh

Pimpinan DPRD Tangsel Minta SKPD Hadiri Undangan Komisi

Kabar6-Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Bambang P Rachmadi meminta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK agar kooperatif saat diundang oleh Komisi DPRD.

Pasalnya, DPRD memiliki kewenangan untuk mengawasi agar temuan tersebut diselesaikan. Permintaan tersebut disampaikan Bambang menyikapinya adanya Kepala SKPD yang rutin mangkir dari undangan komisi DPRD.

“Saya minta seluruh SKPD kooperatif saat diundang dalam pembahasan dewan,” katanya saat Paripurna Jawaban walikota terhadap pandangan umum Fraksi terhadap Raperda APBD Tahun 2013, Senin (30/6/2014).

Bambang mengatakan, pembahasan pertanggungjawaban APBD itu merupakan salah satu agenda penting dalam pemerintahan, karena berkaitan dengan penganggaran setiap program yang menyangkut kepentingan rakyat Kota Tangsel.

“Jadi saya mengimbau kepada Pemko Tangsel khususnya Walikota untuk memberi peringatan kepada seluruh pimpinan SKPD agar peduli terhadap persoalan ini, bagi mana mau dibahas jika SKPD saja tidak mau hadir saat pembahasan,”ujarnya.

Menurut dia, rapat evaluasi bertujuan untuk mengetahui sejauh mana SKPD menggunakan APBD yang benar. “Intinya rapat evaluasi ini ingin mengetahui penjelasan dari mereka apa-apa saja kegiatan yang dilakukan SKPD, karena menyangkut penggunaan APBD juga. Jangan sampai dana digunakan tidak pada peruntukannya,” ujarnya.

Bambang menegaskan, semua pos anggaran yang menjadi temuan BPK, harus mendapatkan rekomendasi dari DPRD.

“Semua temuan ini DPRD yang merekomendasikan ke pemkot, baik secara administrasi maupun TGR. Kalau sudah ada rekomendasi DPRD yang diberikan, kita akan lihat siapa SKPD yang tidak tanggap. Soal LHP diterima atau tidak, kita akan sampaikan nanti pada pandangan fraksi,” tukasnya. **Baca juga: Begini LKPJ Walikota Tangsel di Paripurna DPRD.

Ditanya kapan pembahasan akan selesai, Bambang menargetkan hingga pertengahan Juli. Komitmen ini terlontar karena  tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Tangsel, mulai hari ini akan membahas anggaran di tingkat komisi dengan mitra kerja masing-masing.

“Insyallah pertengahan Juli pembahasan evaluasi anggaran akan selesai,” pungkasnya.(evan)

Berita Terbaru