oleh

Perempuan dan Kafein

Kabar6-Kafein secara alami terdapat dalam biji kopi, daun teh, kakao, kacang cola, serta buah dan biji-bijian lain yang terdiri lebih dari 60 spesies tanaman yang ada di seluruh dunia.

 

Metode pengolahan termasuk jumlah kafein dalam produk minuman atau makanan bisa berbeda-beda. Selain kopi, masih banyak makanan dan minuman yang mengandung kafein antara lain minuman bersoda, cokelat, es teh, dan lain-lain.

 

Di Indonesia, kebiasaan minum kopi sebagai pelepas lelah atau teman begadang sudah dianut sebagian besar kalangan perempuan.

 

Apa saja hubungan antara kafein dan perempuan? Berikut ulasannya:

 

1. Perempuan yang sedang mengandung, disarankan agar lebih berhati-hati saat mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. ** Baca juga: Waspadai Jantung Berdenyut Terlalu Cepat

 

Meskipun mengkonsumsi kafein tidak menyebabkan infertilitas dan tidak menunda waktu pembuahan pada perempuan, takaran kafein yang tinggi harus dihindari untuk perempuan yang sedang merencanakan kehamilan.

 

2. Belum ada bukti mengenai keterkaitan antara kafein dan hal yang merugikan kehamilan termasuk keguguran, kelahiran prematur, cacat lahir, atau berat badan lahir rendah.

 

Meskipun demikian, disarankan untuk lebih sering minum air putih saat mengkonsumsi kafein, karena kafein memiliki efek diuretik (sering buang air seni).

 

3. Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah sedang tidak berpengaruh pada ASI. Meskipun kafein cenderung terserap ke dalam ASI, 300 mg kafein dapat aman dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui, tanpa memberikan efek kafein pada bayi.

 

4. Belum terdapat bukti ilmiah mengenai keterkaitan antara konsumsi kafein dan tumor jinak, penyakit fibrokistik, atau nyeri pada payudara. Termasuk juga belum ada bukti hubungan antara mengkonsumsi kafein dan pengembangan segala jenis kanker termasuk kanker ovarium.

 

5. Asupan kafein sering dikaitkan dengan ekskresi kalsium dalam urin, yang ditengarai sebagai faktor risiko osteoporosis. Namun penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi kalsium yang cukup pada masa remaja bisa mengimbangi efek potensial pada kepadatan tulang.

 

6. Kafein mempunyai efek terhadap masalah sulit tidur. Khususnya perempuan yang sedang mengandung, sering kurang tidur malam bisa menyebabkan masalah pada ibu maupun janin.

 

Meskipun tidak ada efek samping konsumsi kafein yang signifikan, Anda tetap disarankan untuk mengkonsumsi kafein dalam jumlah sewajarnya, karena semua yang berlebihan tentu saja akan mempunyai akibat yang tidak baik untuk kesehatan. (ilj)

Berita Terbaru