oleh

Pembobol ATM di Pasar Kemis Sudah Beraksi di 16 SPBU

Kabar6-Dua pelaku spesialis pembobol kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang telah diringkus petugas Polsek Pasar Kemis, kiranya bukan pemain baru. Umumnya, pelaku mengincar ATM yang berada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

Mengacu hasil pemeriksaan polisi, bahwa selain telah 10 kali beraksi di Tangerang, kedua pelaku juga sudah beraksi 1 kali diwilayah Bekasi dan 5 kali diwilayah Jakarta.

Kedua pelaku adalah, Hendriyanto (37) dan Deri Saputra (22), keduanya warga asal Banding Agung, Talang Padang, Tanggamus, Lampung, diringkus setelah gagal memperdaya korbannya di ATM SPBU Kampung Putat, Desa Sindang Sari, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.
pada Rabu (30/4/2014).

“Pelaku ini pemain lama, dan umumnya pelaku memilih ATM yang berada dikawasan SPBU,” ujar Kapolsek Pasar Kemis, Afroni Sugiarto, Kamis (1/5/2014).

Di wilayah Tangerang, sedianya pelaku pernah beraksi 5 kali di ATM SPBU dikawasan Kecamatan Pasar Kemis. 1 kali di ATM SPBU Kecamatan Balaraja. 1 kali di ATM SPBU Palm, Kecamatan Karawaci. 1 Kali di ATM SPBU Kebun Nanas, Kecamatan Tangerang. 1 Kali di ATM SPBU Kecamatan Batuceper. 1 Kali di ATM SPBU arah Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Ya, kedua pelaku terpaksa dilumpuhkan petugas dengan cara ditembak kakinya, karena berupaya melawan dengan mendorong dan merebut senjata petugas, saat akan dibawa untuk menunjukkan Tempat Kejadian Perkara (TKP). **Baca juga: Gugun Si Pembantai Diindikasi Gila Temporer.

Dari tangan pelaku, petugas menyita barang bukti berupa uang tunai sisa hasil kejahatan sebesar Rp. 850.000, 1 unit mobil Avanza, kawat modifikasi sebagai alat ganjal, 2 batang gergaji besi, 30 kartu ATM (1 diantaranya kartu ATM Bank DKI yang dijadikan master) serta 3 buah BlackBerry. **Baca juga: Rebut Senjata Polisi, Pembobol ATM Ditembak.

Atas perbuatannya, pelaku diancam Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.(mer/dan)

Berita Terbaru