oleh

Pedagang Hewan Qurban Mulai Semarak di Tangsel

Kabar6-Perayaan Idul Adha masih satu bulan lagi. Namun, semarak pedagang hewan qurban sudah mulai tampak di penjuru wilayah Tangerang.

Di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pedagang hewan qurban bisa dijumpai di Jalan Raya Pamulang, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang.

Diwilayah ini, tak hanya kambing qurban, namun pedagang juga menyiapkan sapi qurban untuk kebutuhan ummat muslim yang ingin beribadah.

Dan, fenomena unik selalu menyertai geliat bisnis hewan qurban jelang Idul Adha. Salah satunya adalah soal harga.

Meski diyakini setiap tahun harga hewan qurban selalu mengalami kenaikan, namun kondisi itu sama sekali tidak serta-merta mengurangi niat warga yang ingin beribadah.

Setidaknya hal itu diyakini oleh Deden Sahri (37), pedagang hewan qurban di Jalan Raya Pamulang. “Walau harga selalu naik setiap tahunnya, namun jika sudah kebutuhan pasti laku,” ujarnya saat ditemui kabar6.com Jum’at (5/9/2014).

Menurutnya, untuk tahun ini, harga seekor sapi dengan berat 250 kilo gram, dipatok Rp. 16 juta pada 1 bulan sebelum Idul Adha. Harga akan semakin mahal disesuaikan dengan berat sapinya.

“Saya menjual sapi Bali, Jawa dan Madura. Khusus sapi asal Madura harganya lebih murah. Untuk yang beratnya mencapai dua ratus lima puluh kilogram, harganya sekitar lima belas juta,” ungkapnya.

Sedangkan harga kambing dengan berat 25 kilo gram, dihargai Rp. 2 juta. “Untuk kambing biasanya dipasok pada dua pekan menjelang Idul Adha. Karena, Kambing lebih rentan fisiknya dibanding sapi,” ujarnya. **Baca juga: Edarkan Ganja ke Pelajar, Alfamart Anggap Dharma Sebagai Oknum.

Dan, dari semua fariasi harga tersebut, Deden optimis akan tetap bisa menjual sapi dan kambing qurbannya laris manis, seperti tahun-tahun sebelumnya.(way)

Berita Terbaru