PDAM TKR Segera Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga di Kabupaten Tangerang

kabar6.com
Press Tour dan Konferensi Pers PDAM TKR di Citarik, Sukabumi.(ist)

Kabar6-Kabar gembira bagi warga di 10 Kecamatan di Kabupaten Tangerang, yang belum mendapatkan akses layanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR).

Pasalnya, pada tahun 2018 ini, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu akan melakukan pengembangan jaringan perpipaan dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Utara, Barat dan Selatan Tangerang.

Di wilayah Utara Tangerang, PDAM TKR melakukan peningkatan kapasitas produksi sebesar 100 liter perdetik dan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) pada cabang Teluknaga yang berlokasi di Bojongrenged, Teluknaga.

“Pembangunannya dimulai sejak November 2016 dan target selesai pada Desember 2017, sehingga Januari 2018 sudah mulai operasi,” ujar Direktur PDAM TKR H Rusdy Machmud kepada awak media saat dihelat press tour dan konferensi pers PDAM TKR di Citarik, Sukabumi, Sabtu (2/12/2017).

Penambahan kapasitas produksi tersebut akan meningkatkan kemampuan layanan sambungan kepada pelanggan.

Saat ini, PDAM TKR cabang Teluknaga sudah melayani sambungan langsung kepada 8.000 pelanggan, dengan peningkatan kapasitas baru itu, 10.000 pelanggan baru di wilayah Kecamatan Teluknaga, Kosambi dan Pakuhaji diharapkan dapat terlayani.

Penambahan perpipaan jaringan baru pun akan mulai dilakukan mulai Januari 2018 dan ditarget selesai pada April 2018.

Jaringan baru ini akan melayani masyarakat di Desa Cituis, Salembaran, Kebon Cau, Babakan Asem, Kampung Melayu dan Tegal Angus.

“Kita harapkan bulan Mei, Juni dan Juli, masyarakat di tiga kecamatan ini sudah bisa menikmati layanan air bersih dari PDAM Tirta Kerta Raharja,” tambahnya.

Demikian pun untuk wilayah Barat Tangerang, pembanguan IPA baru yang sudah dimulai sejak Oktober 2017 dan ditargetkan selesai pada Juli 2018 di Desa Solear, juga akan memproduksi air bersih dengan kapasitas 100 liter perdetik.

Agustus 2018, IPA baru pada cabang Tigaraksa yang melayani pelanggan di kecamatan Tigararksa, Solaer, Cisoka dan Balaraja tersebut diharapkan sudah mulai beroperasi.

Untuk cabang Tigaraksa, saat ini melayani 12.500 pelanggan, sehingga dengan peningkatan kapasitas produksi tersebut, 10.000 sambungan langsung untuk pelanggan baru pun tersedia.

“Penambahan jaringan perpipaan baru pembangunan di Kecamatan Solear, Tigaraksa, Cisoka dan Balaraja pembangunannya mulai April 2018 dan ditarget selesai Agustus 2018,” ujarnya.(BL)