oleh

Olahraga Sederhana Untuk Si “Pemalas”

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Harus diakui bahwa tidak semua orang gemar berolahraga. Ada saja alasan untuk tidak rutin berolahraga. Salah satunya adalah malas bergerak. Di sisi lain, malas berolah raga tentu saja tidak baik untuk kesehatan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidak bergerak dengan cukup memiliki bahaya terhadap kesehatan yang sama seperti merokok. Dalam penelitian yang diterbitkan The Lancet, diketahui 5,3 juta kematian di seluruh dunia akibat kurang aktif secara fisik.

Bagaimana solusinya? Dikutip dari beautynesia, berikut adalah lima olahraga sederhana untuk Anda yang malas bergerak.

1. Berjalan kaki
Olahraga ini sangat mudah dilakukan di manapun dan kapan pun. Tak perlu jauh-jauh sampai ke taman kota. Keliling kompleks rumah pun sudah cukup. Jika Anda malas sendirian, ajak saudara atau sahabat supaya lebih asyik.

2. Naik turun tangga
Jika Anda memiliki tangga untuk naik turun saat beranjak dari ruangan ke ruangan lain, ini akan lebih baik. Anda juga bisa mencoba mencari tempat untuk selalu bergerak. Misalnya tangga darurat di kantor atau tangga yang ada di mall. Jangan dibiasakan untuk naik lift atau eskalator.

Dengan naik turun tangga, tubuh akan bergerak, sama halnya seperti melakukan olahraga jogging atau jalan santai.

3. Menari
Olahraga tidak mesti pergi ke gym atau melakukan berbagai gerakan membosankan. Anda bisa memutar lagu favorit, dan bergerak mengikuti irama musik.

4. Bersih rumah
Anda bisa mengganti aktivitas olahraga dengan membersihkan rumah mulai dari menyapu, mengepel lantai, mencuci baju, atau juga menata kamar yang berantakan.

5. Yoga
Olahraga ini dilakukan dengan beberapa gerakan dan tak begitu banyak menguras tenaga, tapi tetap membuat tubuh jadi rileks dan tidur pun semakin nyenyak.
Cobalah lakukan gerakan legs-up the wall pose yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dari bagian tubuh atas ke kaki.

Atau coba gerakan Pavanmuktasana. Gerakan ini sangat efektif untuk menghilangkan lemak-lemak membandel di perutmu. Bayangkan, pose ini bisa dilakukan di saat malas bergerak dan membuat perut langsing secara bersamaan. ** Baca juga: Begini Bahasa Tubuh Saat Bertemu Teman Baru

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru