oleh

Nasdem Janji Tak Minta Jatah Pendamping Airin

Kabar6-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Banten, secara resmi mengusung inkamben Airin Rachmi Diany, sebagai bakal calon walikota di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang.

 

Ketua DPW NasDem Banten, Wawan Iriawan, mengatakan partai yang mengusung slogam “Restorasi” dilahirkan sebagai lembaga politik gagasan. Oleh karena itu institusinya tidak ingin memaksa agar kadernya bisa menjadi walikota atau wakil walikota dalam kancah politik lima tahunan ini.

 

“Kita tidak mau pada saat di tengah jalan terjadi pecah kongsi antara walikota dengan walikota,” katanya kepada wartawan usai deklarasi di kawasan Alam Sutera, Kecamatan Serpong Utara, Senin (13/7/2015).

 

Walaupun telah diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada, bahwa rekomendasi harus berpasangan. Wawan pastikan, Partai NasDem masih memberikan kesempatan sampai penutupan pendaftaran bakal calon ditutup.

 

Selama sisa waktu ini Partai NasDem memberikan kewenangan penuh kepada Airin bebas menentukan calon pendampingnya. Calon petahana itu dapat menunjuk calon kandidat sesuai hak politiknya.

 

Meski partai yang didirikan oleh politikus senior Surya Paloh ini punya sejumlah kader potensial. Mereka telah dinyatakan lolos dalam penjaringan di antaranya, Gusri Effendi, Ibnu Prakoso, dan Dewi Indah Damayanti. ** Baca juga: Relawan PMI Amankan Pemudik Bermotor

 

“Tapi kami tidak memaksa, tidak mengendose. Silakah Ibu Airin memilih siapa yang cocok, itu juga kalau mau,” terangnya.(yud)

Berita Terbaru