oleh

Musim Hujan, Pandeglang Rawan Longsor

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang menyatakan, bencana longsor menjadi ancaman serius pada musim penghujan.

 

 

Pasalnya, kekeringan panjang yang terjadi saat ini, membuat kondisi tanah retak dan rapuh, sehingga mudah runtuh ketika diterjang hujan. Apalagi, kondisi sebagian daerah geografis di Pandeglang merupakan dataran tinggi.

 

“Hal paling diantisipasi adalah bencana longsor. Karena akibat kekeringan panjang, membuat kondisi tanah pecah-pecah dan rentan longsor,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan, Rabu (11/11/2015).

 

Doni menyebut, selain longsor, BPBD juga memprediksi jika bencana banjir juga menjadi ancaman serius. Bahkan, banjir yang akan terjadi, diperkirakan akan lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Itu merujuk dampak fenomena El Nino, yang biasanya akan disertai dengan fenomena La Nina, yang menimbulkan cuaca ekstrem. ** Baca juga: DJP Banten Serahkan Pengemplang Pajak ke Kejari Tigaraksa

 

“Efek El Nino juga berpotensi untuk membuat banjir lebih besar dari tahun sebelumnya. Hal ini karena dampak La Nina yang kerap muncul setelah El Nino. Bahkan, warga juga sudah memprediksi hal itu. Mereka melihat pengalaman,” paparnya.(mg/tom migran)

Berita Terbaru