oleh

Masyarakat Kasepuhan Banten Kidul Festival Sabaki

Riuangan Kasepuhan dalam tema Sabaki.(rimanews)

Kabar6-Ratusan masyarakat adat yang ada di Kabupaten Lebak menggelar Riuangan Kasepuhan dalam tema Festival Kesatuan Adat Banten Kidul (Sabaki).

Festival ini menampilkan berbagai macam kesenian dan kerajinan tangan tradisional dari berbagai lembaga adat di Banten Kidul (Selatan, red).

“Festival Sabaki ke-12 salah satu organisasi yang sifatnya penyambung antar para kasepuhan di Banten Kidul dengan pihak pemerintah, swasta dan pihak lainnya,” kata Ketua Sabaki, Sukanta dalam sambutannya di acara Festival Sabaki yang berlangsung di Lapangan Desa Sindang Laya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (07/09/2016). **Baca juga: Rano Karno Ikuti Sekolah Partai PDIP Tanpa Pendamping.

Masyarakat adat di Banten Kidul ini berharap agar mereka dapat terus mandiri dalam bidang ekonomi, budaya, dan politik. Sehingga masyarakat adat dapat terus hidup tanpa diganggu oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab. **Baca juga: Jelang Idul Adha Harga Sembako di Tangsel Masih Stabil.

“Kita harus berdaya secara politik, ekonomi dan budaya, karena kita punya ciri kehidupan yang berbeda dengan masyarakat umum lainnya. Tanah yang sudah di garap sama masyarakat adat, jangan sampai dikasihin ke orang lain demi kesejahteraan bersama,” tegasnya.(tmn)