oleh

Lahan Sempit, Stasiun KA di Chongqing Dibangun Dalam Apartemen

Kereta 'masuk' apartemen.(news.com.au)
Kereta ‘masuk’ apartemen.(news.com.au)

Kabar6-Stasiun kereta api biasanya dibangun di atas lahan yang luas dan memadai sebagai sarana transportasi masyarakat. Namun di Kota Chongqing, Tiongkok, terdapat stasiun kereta yang unik, karena lokasinya sungguh lain dari tempat sejenis.

Stasiun kereta tersebut, dilansir dari laman metro.co.uk, dibangun di dalam sebuah apartemen lantai delapan hingga sembilan. Meskipun demikian, penghuni apartemen dijamin tidak akan terganggu kebisingan mesin kereta, berkat teknologi canggih yang mampu meminimalisir tingkat kebisingan.

Rel kereta terbentang menuju apartemen.(news.com.au)
Rel kereta terbentang menuju apartemen.(news.com.au)

Diketahui, Chongqing berpenduduk 49 juta jiwa, dan merupakan kota yang tidak banyak memiliki lahan untuk membangun sarana publik, khususnya kereta api. Dikutip dari Vemale, untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah setempat memutuskan untuk membangun stasiun di tempat-tempat yang tidak biasa termasuk di dalam apartemen.

“Kota kami memiliki banyak penduduk. Ada banyak bukit dan gunung juga sehingga kami sangat kesulitan membangun stasiun di tempat terbuka. Kami kesulitan membangun jalur kereta di daratan. Untuk itulah, kami membangun jalur kereta di atas dan stasiun di dalam apartemen,” ujar juru bicara transportasi Kota Chongqing. ** Baca juga: Makan di Fresh Feast dengan Layanan Model Berbikini

Chongqing dikenal juga sebagai Mountain City, terletak di sepanjang tepi Sungai Yangtze. Kota ini berada di sekitar hutan, bukit dan pegunungan. Jadi tidak heran apabila sangat sulit ditemukan daratan datar yang bisa dimanfaatkan untuk membangun stasiun maupun jalur kereta.(ilj/bbs)

Berita Terbaru