oleh

Kuman Mudah Menyebar Lewat Tiga Kebiasaan Ini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit penyakit yang dapat disebarkan melalui kuman, dengan perantara beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa sadar sering Anda lakukan. Akibatnya berbagai masalah kesehatan seperti infeksi mata, infeksi saluran napas, dan infeksi saluran pencernaan senantiasa mengintai Anda.

Apa saja perilaku berisiko tinggi yang dapat menyebabkan kuman mudah menyebar? Dikutip dari Klikdokter, berikut uraiannya:

1. Lupa cuci tangan
Lupa mencuci tangan adalah kebiasaan yang paling berisiko tinggi menyebabkan kuman mudah menyebar. Tangan adalah bagian tubuh yang pasti bersentuhan dengan berbagai benda.

Organ tubuh yang satu ini dapat memindahkan kuman dari satu media ke media lain dengan mudah. Terlebih tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan mulut. Bisa dikatakan, tangan seperti gerbang penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

Jadi biasakan mencuci tangan, terutama sebelum makan, setelah dari kamar mandi, dan setelah beraktivitas. Dengan demikian penyebaran kuman akan terhambat, dan Anda terhindar dari risko penyakit berbahaya.

2. Kebiasaan yang kurang tepat
Kebiasaan batuk atau bersin yang salah dapat menyebabkan kuman mudah menyebar. Batuk/bersin dengan menutup mulut menggunakan tangan saja bisa menyebabkan kuman berpindah ke tangan.

Ketika batuk/bersin, Anda lebih baik menutup hidung dan mulut dengan tisu. Setelah itu buang tisu pada tempatnya. Namun, jika terpaksa harus menutupnya menggunakan tangan, cucilah tangan dengan benar setelahnya.

3. Kurang menjaga kebersihan diri
Malas mandi, tidak rajin membersihkan kaki, lupa membersihkan wajah adalah kebiasaan yang bisa bikin kuman mudah menyebar. Jika Anda tidak ingin berpartisipasi dalam proses penyebaran kuman, jaga kebersihan diri dengan lebih teliti. ** Baca juga: Benda Apa Saja yang Bisa Jadi Sarang Kuman?

Yuk, biasakan hidup lebih sehat dan senantiasa menjaga kebersihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru