oleh

Kotak Suara Kardus Dinilai Tidak Aman

Kabar6-Kotak suara yang menggunakan bahan dasar kardus, dinilai sejumlah pihak sangat rentan terjadi kecurangan. Pasalnya, kotak suara kardus tersebut tak dilengkapi dengan sistem pengamanan sesuai standar yang ada.

“Kotak suara kardus ini sangat tidak aman. Masak, cuma di gembok dan diikat menggunakan kabel ties doang,” ungkap Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 35 perumahan Green Savana Citra Raya, Suwindra, kepada Kabar6.com, Kamis (9/4/2014).

Senada dikemukakan, anggota KPPS 35 Green Savana Citra Raya, Soliqin, mengatakan selain tak memiliki sistem pengamanan yang baik, kotak suara penyimpan surat suara ini juga sangat mudah di bongkar oleh para oknum yang sengaja memanfaatkan kesempatan untuk kepentingan mereka.

“Apalagi, pendistribusian logistik pemilu ini tak dikawal oleh petugas kepolisian. Bisa saja, mereka memanfaatkan kesempatan itu untuk kepentingannya,” katanya.

Pantauan Kabar6.com, kotak suara kardus berwarna putih yang di distribusikan Petugas Pemungutan Suara (PPS) ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), sama sekali tak dikawal petugas keamanan.

Surat suara itu diambil masing-masing oleh para petugas KPPS dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. **Baca juga: Di Kabupaten Tangerang Kotak Suara Pakai Kardus.

Disamping itu, kotak suara kardus tersebut sangat mudah dibuka dengan menggunakan tangan tanpa alat bantu.(din)

Berita Terbaru